Puluhan Dusun di Lombok Tengah Terdampak Banjir, Termasuk Sirkuit MotoGP

KORANNTB.com – BPBD NTB melakukan pendataan wilayah terdampak banjir di Lombok Tengah, Sabtu, 30 Januari 2020. Kecamatan Pujut dan Kecamatan Praya Barat terdampak.

Kecamatan Pujut, terdapat tiga desa dengan 21 dusun terdampak banjir. Sementara di Kecamatan Praya Barat sebanyak dua desa dengan lima dusun terdampak.

Dusun Bunut, Desa Kuta yang menjadi lokasi sirkuit MotoGP ikut terdampak banjir. Hujan yang lebat membuat wilayah tersebut tergenang banjir.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, Ibrahim Kurniawan, mengatakan banjir juga berdampak pada rusaknya fasilitas umum hingga longsor.

“Gangguan arus listrik dikarenakan tiang listrik yang rusak akibat banjir longsong dan angin kencang.
Jalan berlumpur akibat banjir yang membawa material pasir batu dan tanah dari dataran yang lebih tinggi,” katanya, Minggu, 31 Januari 2021.

Tidak ada korban jiwa dari bencana tersebut. Namun, berdasarkan hasil assessment BPBD, sekitar 350 kepala keluarga terdampak.

“Kondisi terkini air sudah mulai surut dan hujan sudah mereda. Telah dilakukan evakuasi terhadap korban terdampak ke titik pengungsian sementara di antaranya rumah makan dan masjid,” ujarnya.

Saat ini listrik masih padam karena beberapa tiang listrik rusak akibat banjir, longsor dan angin kencang. (red)

BACA:  Banjir di Lombok Utara, 77 Jiwa Terdampak