KORANNTB.com – Pemerintah Provinsi NTB berencana mulai awal Agustus 2021, Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) PNS, bukan hanya diberikan uang, namun akan diberikan komoditas berupa beras 10 Kg.

Itu disampaikan Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, saat menghadiri  panen padi di Dusun Dasan Baru Tojong-Ojong, Desa Selebung, Kecamatan Batukliang, Lombok Tengah, Kamis, 15 Juli 2021.

“Tujuannya agar menjaga harga gabah stabil demi kesejahteraan petani dan UMKM lokal NTB,” katanya.

Lebih lanjut jelas Bang Zul, beras yang diberikan ini berasal dari pabrik yang membeli gabah dari petani lokal. Sehingga ada kesinambungan  permintaan dengan harga gabah agar mendekati kestabilan.

Pegawai di Pemrov ada sekitar kurang lebih 13.000 orang, kalau tiap bulan dengan TPP diberikan beras 10 Kg maka akan ada pabrik penggilingan yang akan terus hidup.

“Apalagi kualitas beras kita sangan baik,tidak kalah dengan daerah lain,” ujarnya.

Pabrik penggilingan yang dipilih adalah yang mau membeli gabah dari para petani lokal NTB.

Sehingga bila konsep ini juga diterapkan di Lombok Tengah dan Kabupaten/Kota se-NTB, akan sangat membantu harga gabah petani tetap stabil dan tidak anjlok.

Gubernur berharap setelah Pemrov., Bupati Lombok Tengah mengikuti langkah ini. Minimal awal September untuk mengawalinya.

“Maka bila kurang lebih sekitar 50 ribuan ASN di NTB diberikan beras, sangat luas biasa untuk membantu menyejahtekan petani,” ujarnya.

Selain itu pemerintah daerah juga harus tegas agar tidak ada permainan dalam pembelian gabah di petani dan beras di pabrik penggilingan.

Setelah tahun ini pemberian beras, tidak menutup kemungkinan produk selanjutnya yang akan dibagikan dengan TPP adalah produk seperti kopi, teh, minyak kelapa dan produk UMKM lainnya.

“Oleh sebab itu, kita ikut membantu produk UMKM dan ada kebanggaan kita  menggunakan dan mengkonsumsi karya putra putri daerah,” katanya.

Setelah terpenuhi kebutuhan dalam daerah, dengan adanya kost of learning, produk-produk NTB dapat dijual keluar daerah se Indonesia bahkan dunia.

“Perjalanan panjang, selalu harus dimulai dengan keberanian memulai dengan langkah pertama,”tutupnya untuk terus membangkitkan masyarakat dan petani NTB.

Menyambut hal tersebut, Bupati Lombok Tengah Fathul Bahri, menyambut baik ide dan gagasan Gubernur Zul.

“Ini langkah untuk menjaga kestabilan gabah di daerah dan menuju ketahansn pangan,” katanya.

Seorang petani Batukliang Saidi Amir, mengapresiasi langkah yang dilakukan Gubernur.

“Ini sangat membantu kami, agar terus semangat meningkatkan produktifitas,”imbuhnya.

Ia berharap Bupati Lombok Tengah segera merealisasikan pemberdayaan dan penguatan untuk para petani di Lombok Tengah. (red)