KORANNTB.com – Untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan sebagai bentuk sinergi dengan stakeholder, PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah NTB melakukan penandatanganan perjanjian jual beli tenaga listrik dengan 25 pelanggan premium tersebar di wilayah NTB.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan kerjasama solusi kelistrikan agrikultura dengan salah satu bank terkemuka, Bank Mandiri.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Lasiran menyatakan pihaknya terus melakukan berbagai inovasi dan promosi mengenai berbagai produk kelistrikan, tentunya untuk peningkatan kualitas layanan kepada pelanggan, salah satunya dengan Layanan Premium.

“Salah satu jenis layanan yang dimiliki oleh PLN adalah jenis layanan premium. Layanan ini merupakan layanan yang mengedepankan jaminan kualitas pasokan listrik kepada pelanggan,”  katanya, Senin, 22 November 2021.

Lasiran juga menjelaskan beragam manfaat dan keistimewaan akan diperoleh jika menjadi pelanggan premium, di antaranya yaitu tingkat keandalan yang lebih tinggi dibandingkan layanan reguler.

Hal ini dikarenakan pelanggan premium akan disuplai lebih dari satu pasokan listrik (alternative supply), sehingga tidak mengalami pemadaman saat terjadi gangguan di jalur utama.

Layanan premium ini menghadirkan jaminan kemudahan pelayanan, yaitu pelanggan dapat berkoordinasi langsung dengan account executive. PLN juga bersedia memberikan kompensasi kepada pelanggan premium bila sewaktu-waktu terjadi pengurangan daya.

“Terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah beralih menjadi pelanggan premium kami. Tentunya ini akan semakin memacu PLN untuk terus memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada pelanggan,” ujarnya.

Sementara itu, terkait kerja sama untuk pengembangan sektor agrikultura, Vice President Bank Mandiri Area Mataram, M. Haris Budiman mengungkapkan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Solusi Bidang Agrikultura ini diharapkan mampu memberikan kemudahan pembiayaan bagi pelaku usaha di bidang agrikultura untuk memperoleh jaminan keandalan listrik.

“Layanan khusus bagi pelanggan agrikultura dari PLN ini tentunya akan lebih efisien dibandingkan menggunakan genset yang justru memakan biaya yang jauh lebih mahal. Apalagi dengan kerja sama di bidang pembiayaan yang akan semakin memudahkan para pelaku usaha,” kata Haris.

Sekretaris Dewan DPRD Provinsi NTB, Mahdi mengapresiasi layanan premium yang dikeluarkan oleh PLN ini. Mahdi menilai kegiatan operasional yang dilakukan sehari hari memerlukan keandalan listrik yang tinggi.

“Dengan adanya kegiatan ini, PLN berkontribusi positif dalam menyediakan pasokan listrik bagi pelanggan tegangan tinggi untuk mendukung kemajuan  perekonomian bangsa, khususnya di NTB. Semoga PLN selalu memberikan layanan terbaik kepada pelanggan,” katanya.

Acara penandatanganan layanan premium dilaksanakan antara PLN dengan kantor DPRD Provinsi NTB, kantor DPRD Kabupaten dan Kota di Pulau Lombok, Kantor Pemerintah Kabupaten se-Pulau Lombok, RSUD Lombok Utara, Rumah Sakit Universitas Mataram, dan Rumah Sakit Islam Siti Hajar, dengan total daya 5.2 MVA.

Sementara untuk di Pulau Sumbawa terdapat 15 instansi yang melakukan penandatanganan layanan premium, di antaranya Kantor Bupati se-Pulau Sumbawa, Kantor DPRD se-Pulau Sumbawa, Kantor DPRD Sumbawa Barat, RSU Sumbawa, Kantor Walikota Bima, dan RS Dokter Agung, dengan total daya 3.1 MVA. Adapun jumlah pelanggan premium hingga saat ini untuk PLN NTB adalah sebanyak 368 pelanggan dengan total daya sebesar 56.87 MVA. (red)