Safari Vaksinasi Malam, Cara BINDA NTB Permudah Syarat Mudik

KORANNTB.com – Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah NTB terus melanjutkan Safari Vaksinasi Malam Hari untuk dosis satu hingga booster bagi masyarakat umum selama Ramadan. Upaya itu dilaksanakan untuk mempermudah masyarakat dalam memenuhi syarat mudik lebaran.

“Safari vaksinasi malam ini digelar di beberapa titik di wilayah NTB, seperti saat ini di Masjid Babussalam, Kec. Lembar, Kab. Lobar,” ujar Kepala BIN Daerah NTB, Wara Winahya, saat meninjau vaksinasi di Masjid Babussalam, Sabtu, 16 April 2022.

Binda NTB melaksanakan percepatan vaksiansi di Lombok Barat ini berkolaborasi dengan Dewan Masjid Indonesia kemudian tadi juga didukung oleh Polres Lombok Barat. Percepatan vaksinasi terutama booster dilakukan untuk menjamin keamanan masyarkat dari penyebaran Covid-19 yang dipicu tingginya mobilitas masyarakat menjelang idul fitri.

“Selama ramadhan ini pola aktivitas masyarakat lebih pada malam hari sehingga kita menyesuaikan sehingga sasaran itu bisa kita capai bisa kita dapatkan dengan mendekatkan masyarakat dengan vaksinasi booster,” ujar Wara.

Di sisi lain, Ketua DMI Lobar Ustadz H. Ari Suhaimi mengatakan, salah satu tujuan dari syariat itu adalah menjaga jiwa maka dengan vaksin inilah kita bisa menjaga kesehatan dengan sempurna. Pihaknya bersyukur bisa bekerja sama dengan BIN Daerah NTB sehingga ini dapat terlaksana dengan baik dan antusias masyarakat sangat luar biasa ini menjadi kebahagiaan kita

“Dalam momen tarawih ini kami sosialisasikan, kami sampaikan dalam pandangan agama dalam pandangan kesehatan sehingga sangat antusias masyarkat dan bisa dihitung masyarakat yang tidak bisa divaksin karena kondisi kesehatan saja. Sedangkan, bagi yang takut meninggal karena vaksin itu hoaks semua alhamdulillah kami bisa antisipasi dengan baik,” ungkap Ketua DMI Lobar.

BACA:  Ikhtiarkan Pandemi Berakhir, Binda NTB Terus Genjot Vaksin Dosis Ketiga

Sementara itu, di lokasi vaksinasi lainnya yang diselenggarakan Binda NTB yakni di Mall Mataram, KBO Binda NTB, Kol. Arm. Heru Susanto mengatakan, dengan waktu yang bersamaan kita laksanakan vaksinasi di Mall karena mengambil momen berkumpulnya masyarakat pada malam hari selama bulan Ramadhan.

“Kegiatan vaksinasi selama Ramadhan tidak hanya efektif di Masjid tetapi juga di Mall karena masyarakat sedang bersiap menyambut lebaran Idul Fitri,” kata Heru.

Kabid Pelayanan Medik RSUD Kota Mataram, dr. Tris Cahyoso mengungkapkan bahwa, pihaknya melakukan vaksin pada masyarakat bergabung dengan dari Binda NTB dan juga Mataram Mall. Disiapkan sebanyak 300 vaksin untuk masyarakat, mulai dari vaksin pertama, anak-anak, siswa dan lansia. Jenis vaksin yang disiapkan malam ini yakni Sinovac, Covovac, Pfizer dan Astrazeneca

“Jadi bagi masyarakat Kota Mataram yang ingin Booster atau vaksin ke-2 kita layani malam ini, dan juga kenapa kita menyasar tempat-tempat keramaian seperti ini, karena salah satu percepatan program pemerintah untuk mudik, jadi masyarakat yang ingin mudik dapat vaksin Booster tersebut,” jelas Tris.

Pada waktu yang sama, Binda NTB juga menggelar kegiatan vaksinasi di beberapa masjid musola di NTB, yakni Masjid Raya Baiturahman Dompu, Masjid Nurul Huda Sumbawa, Mushola Dusun Wajageseng Kopang, Mushalla Dusun Jempong Praya Barat Loteng, serta beberapa posko bersama di puskesmas. Setidaknya 1500 lebih dosis vaksin yang berhasil disalurkan dalam semalam. (red)