Limbah yang Tercemar di Teluk Bima Masih Misteri

KORANNTB.com – Beredar foto dan video kondisi Teluk Bima yang tercemar limbah. Kondisi Teluk Bima sangat memprihatinkan dengan warna air kental kecoklatan.

Banyak masyarakat menduga Teluk Bima tercemar akibat kebocoran pipa Pertamina dan menyebabkan tumpahan oli.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi NTB, Madani Mukarom, mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan sampel air, karena saat ini belum diketahui limbah apa yang tumpah di Teluk Bima.

“Berdasarkan laporan sementara, pencemaran di Teluk Bima belum bisa dipastikan jenis limbah yang tumpah. Tim Lingkungan Hidup sudah mengambil sampel air untuk dicek di lap,” katanya, Rabu, 27 April 2022.

Soal indikasi pipa Pertamina yang menjadi penyebab kebocoran, Madani mengatakan telah mengecek langsung dan tidak ada kebocoran di Pipa Pertamina.

“Tim Lingkungan Hidup Bima sudah mengecek pipa Pertamina dan hasilnya tidak ada pipa yang bocor,” ujarnya.

Sebelumnya banyak beredar foto hewan-hewan di Teluk Bima berubah menjadi hitam akibat tercemar limbah. Foto-foto kondisi kepiting di sana sangat memprihatinkan karena berubah menjadi hitam pekat. Namun foto terbaru belum dapat diverifikasi secara independen.

Sementara, Madani Mukarom mengatakan telah melakukan beberapa langkah untuk mengusut persoalan tersebut. Mulai dari pengumpulan bahan keterangan, verifikasi lapangan, pengambilan sampel air, menghimpun informasi dan memantau perkembangan.

Selain itu DLHK NTB juga telah meminta penjelasan PT Pertamina Parta Niaga – Regional Jatimbalinus Integrated Terminal Bima terkait dugaan pencemaran di lokasi TBBM Bima dan meminta perusahaan tersebut membantu membersihkan Teluk Bima yang tercemar. (red)

Foto: Kondisi Teluk Bima tercemar limbah (Istimewa/Facebook)

BACA:  Trabas Mangrove, Komunitas Trail Kota Bima Minta Maaf