Arus Mudik di Pelabuhan Lembar Mencapai 32 Ribu Penumpang

KORANNTB.com – Arus mudik di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat mencapai 32 ribu orang menjelang Idul Fitri 1443 hijriah.

Pantauan Polda NTB, angka pemudik dengan rincian 32.021 orang tersebut, merangkum jumlah yang tiba maupun berangkat melalui kawasan Pelabuhan Lembar.

Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto, mengatakan angka tersebut tercatat dalam periode mudik 26 April hingga 30 April 2022.

Puncak pergerakan pemudik yang melintas melalui Pelabuhan Lembar tercatat pada Kamis 28 April 2022.

“Kamis itu juga bersamaan dengan pelaksanaan hari pertama jajaran Polda NTB melaksanakan Operasi Ketupat Rinjani 2022. Hari itu tercatat 8.912 pemudik dengan jumlah 39 trip perjalanan, baik kapal yang tiba dan berangkat,” ujarnya, Minggu, 1 Mei 2022.

Artanto menyebut, sarana yang digunakan mudik oleh masyarakat adalah kendaraan pribadi dan angkutan bus.

Jumlah kendaraan yang melintas melalui Pelabuhan Lembar, terhitung sejak 26-30 April 2022, ada sebanyak 13.217 unit kendaraan.

Pada Minggu, 1 April 2022 terjadi penurunan mudik. Jumlahnya tidak lebih banyak dari hari sebelumnya.

“Jadi penurunan jumlah pemudik itu terhitung mulai di hari puncak arus mudik, pada 28 April itu. Ada kemungkinan akan terus demikian (terjadi penurunan) sampai hari lebaran,” katanya.

Kawasan Pelabuhan Lembar merupakan salah satu gerbang masuk utama penyeberangan jalur darat dan laut milik NTB. Pelabuhan tersebut melayani sejumlah rute penyeberangan antarpulau, seperti dari Pelabuhan Padangbai, Bali, dan pelabuhan yang berada di Jawa Timur, seperti Pelabuhan Perak, Ketapang, dan Tanjung Wangi.

Selain pergerakan dari arah barat, Pelabuhan Lembar juga melayani penyeberangan menuju Pelabuhan Waingapu, Nusa Tenggara Timur. (red)

BACA:  Jelang Lebaran, DPW NasDem NTB Berbagi Bingkisan untuk Warga Mataram