Tidak Boleh Melihat Cermin

Meskipun telah terjawab secara medis, namun masyarakat Indonesia yang kental dengan budaya ketimuran yang meyakini mistis, sering mengaitkan fenomena mimpi tersebut dengan fenomena supranatural.

Sebagain masyarakat meyakini bahwa saat mengalami Lucid Dream, jangan pernah sekali-kali melihat cermin dalam mimpi.

Ada beberapa alasan mitos larangan melihat cermin saat mimpi sadar. Dalam channel YouTube Wahyuda Tanpopura seorang yang sering mengalami Lucid Dream, mengatakan telah mengeksplor cermin dalam mimpi sadar tersebut. Ada lima hal yang ditemui saat melihat cermin.

Pertama, bayangan kita pada cermin tidak ada. Itu akan menyebabkan rasa takut dalam mimpi, sehingga berubah menjadi mimpi buruk.

Kedua, ada juga yang mengatakan jika melihat cermin dalam mimpi, wajah kita berubah menjadi serem dan sangat menakutkan.

Ketiga, ketakutan akan muncul dalam cermin. Diyakini jika melihat cermin dalam mimpi, maka semua ketakutan kita pada dunia nyata akan muncul pada cermin yang kita lihat dalam mimpi. Tentu saja ini menjadi mimpi buruk yang mengganggu kualitas tidur.

Keempat, kita melihat tubuh kita pada cermin menyerupai bayangan hitam tidak berbentuk diri kita sendiri.

Terakhir, saat melihat cermin dalam mimpi sadar, maka yang akan kita lihat bukan bayangan kita sendiri melainkan menyerupai tubuh orang lain. (red)

Ilustrasi Bloody Mary. ©wikia.nocookie.net