KORANNTB.com – Pernahkah anda bermimpi di mana saat bermimpi anda menyadari bahwa anda sedang bermimpi? Itu disebut Lucid Dream atau mimpi sadar.

Mimpi sadar adalah fenomena di mana kita menyadari bahwa kita mengetahui bahwa kita sedang bermimpi. Sehingga kadang kita bisa mengatur atau mengendalikan mimpi itu sendiri.

Beberapa penelitian mengatakan Lucid Dream dipengaruhi oleh faktor suasana hati seperti sedang cemas. Disadur dari Klikdokter, mimpi sadar biasanya terjadi selama fase rapid eye movement (REM), yakni fase tidur yang sudah ‘dalam’ dan lelap. Orang yang dalam kondisi cemas dapat mengaktifkan kesadaran saat tidur, sehingga saat bermimpi kesadarannya akan terbawa, sehingga bisa mengetahui dia sedang bermimpi.

Terkadang jika orang sedang bermimpi sadar, namun gagal mengendalikannya, maka mimpi tersebut akan berubah menjadi mimpi buruk.

Sebagai contoh seseorang bermimpi akan diserang orang lain, namun dia mengetahui itu hanya mimpi dan berusaha mengatur jalannya mimpi agar orang dalam mimpi itu tidak menyerang dirinya, maka mimpi tersebut akan sesuai dengan apa yang si pemimpi inginkan. Namun jika si pemimpi mengetahui itu adalah mimpi dan berusaha melawan orang yang menyerangnya dalam mimpi, maka mimpi tersebut bisa berubah menjadi mimpi buruk.

Disadur dari halodoc, beberapa ahli berpendapat bahwa mimpi sadar bisa digunakan untuk terapi pengobatan, namun ada juga yang mengatakan mimpi sadar memiliki dampak berkurangnya kualitas tidur. Saat bangun tidur, orang yang memiliki mimpi sadar akan cepat mengantuk.

Uniknya, Lucid Dream tidak seperti mimpi lainnya. Saat terbangun, kita bisa mengingat kembali mimpi tersebut.

Selanjutnya: Tidak Boleh Melihat Cermin