KORANNTB.com – SMKN 1 Praya di Lombok Tengah optimis target proyek Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Dikbud 2022 berjalan sukses. Bangunan ruang kelas diyakini dapat selesai sebelum 31 Desember 2022.

Kepala SMKN 1 Praya, Kasman, mengatakan saat ini progres membangun empat ruang kelas baru sudah 20 persen berjalan.

“Progres kita sudah 20 persen. Pondasi Alhamdulillah sudah jadi, tinggal pengerjaan besi dan tembok. Progres kita sebelum Desember harus selesai untuk empat kelas ini,” katanya ditemui di SMKN 1 Praya, Selasa, 18 Oktober 2022.

Pantauan media ini, semuanya berjalan lancar. Ada belasan tukang bekerja di lokasi.

Dia mengatakan awalnya memang DAK fisik akan digunakan untuk meningkatkan gedung kelas. Namun rencana tersebut berubah, karena ukuran ruang tidak sesuai dengan syarat DAK fisik, sehingga dibangun ruang kelas baru di lokasi lain di sekolah tersebut.

Sejauh ini katanya, tidak ada kendala dalam proyek fisik tersebut. Pihak supplier juga berasal tidak jauh dari sekolah. Dia juga menegaskan tidak ada fee sama sekali dari DAK fisik SMK.

“Supplier dari sekitar sini juga. Kita juga tidak pernah bicarakan fee. Penunjukan dari kita dan diseleksi di PPK. Itu semua murni,” ujarnya.

Dia juga mengapresiasi langkah Dikbud yang menggandeng Kejaksaaan untuk monitoring pelaksanaan DAK. Pantauan tersebut membuat semua pihak lebih giat dalam menuntaskan pembangunan fasilitas sekolah tersebut.

“Dikbud juga bekerjasama dengan Kejaksaan sehingga pemantauan tetap aktif. Kita juga tim di sekolah tetap memantau perkembangan. Ada kesalahan kita tegur,” ujarnya.

“Saya melihat progres berjalan lancar. Sebelum 31 Desember selesai,” katanya menambahkan.

Dukung MotoGP

SMKN 1 Praya memilih fokus pada bidang pariwisata. Core utama sekolah tersebut bidang pariwisatanya, sementara core core pendamping seni dan industri kreatif.

Sekolah tersebut telah resmi masuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Sehingga dapat membangun bisnis.

“Kita punya hotel 15 kamar dan ballroom kita sewakan. SK BLUD dari gubernur sudah kita terima,” ujarnya.

Kasman mengatakan saat ini Tim BLUD sudah membuat rencana bisnis anggaran (RBA). Pada 21 Oktober 2022 dituntaskan akan selesai, sehingga pada awal tahun nanti BLUD mulai berjalan.

“Tanggal 21 harus sudah selesai, karena kita diminta harus mulai. Tanggal 1 Januari BLUD dimulai,” katanya.

Saat MotoGP Mandalika, 15 kamar pada hotel milik SMKN 1 Praya penuh ditempati penonton MotoGP. Uniknya, tarif kamar sangat murah. Hanya berkisar paling tinggi Rp450 ribu.

“Waktu MotoGP full kamar. Hasil dari hotel itu untuk operasional, pembiayaan dan pemeliharaan. Tarif kamar murah, kita tarif rendah paling tinggi Rp450 ribu,” ujarnya.

Siswa di sekolah dapat langsung praktek menerima dan melayani tamu hotel.

“Siswa langsung praktek menerima tamu, melayani tamu,” katanya. (red)