KORANNTB.com – Perubahan musim kemarau ke hujan atau sebaliknya sering disebut pancaroba. Pada musim pancaroba tubuh rentan sakit, karena perubahan cuaca yang ekstrem membuat tubuh kesulitan beradaptasi.

Suhu lembab membuat virus berkembang biak dan dengan mudah memaparkan pada manusia. Sehingga pada musim tersebut, tubuh mudah sekali terkena flu.

Meriang merupakan salah satu penyakit yang muncul saat pancaroba. Tubuh menjadi lemas, nyeri otot, menggigil, demam, hingga lemas.

Meriang bisa disebabkan karena tubuh terkena flu. Badan akan merasa lelah dan nyeri otot.

Berikut ini adalah beberapa tips mengobati meriang:

1. Minum banyak air

Saat terkena meriang, tubuh harus selalu terhidrasi dengan mengkonsumsi banyak air mineral. Minumlah air mineral setiap kali anda merasa haus atau setidaknya dua liter setiap hari.

2. Istirahat

Cukupi kebutuhan istirahat Anda. Saat tubuh meriang, istirahat adalah solusi untuk memulihkan energi Anda melawan virus.

3. Konsumsi herbal atau jahe

Minuman herbal seperti echinacea atau jahe sudah turun temurun terbukti efektif meredakan meriang. Anda perlu mengkonsumsi itu untuk meredakan flu atau meriang. Pada jahe memiliki kandungan antibakteri yang dapat melawan virus.

4. Kompres air hangat

Saat meriang, tubuh rentan disertai demam. Anda dapat mengompres kening menggunakan air hangat. Hindari menggunakan air dingin.

Dengan kompres air hangat, akan mengirim ‘sinyal’ ke tubuh bahwa bagian kening Anda hangat, sehingga tubuh merespon dengan melepas zat kimia yang mendinginkan tubuh Anda.

5. Minum obat

Minum obat meriang yang terjual di Apotek. Namun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk mendapatkan resep yang tepat. Untuk saat ini, karena pemerintah tengah menyelidiki penyebab gagal ginjal akut pada anak, hindari mengkonsumsi obat sirup hingga ada pemberitahuan dari pemerintah. (red)

Foto: ilustrasi (ist)