KORANNTB.com – Sebanyak 180 Ogoh-ogoh akan mengikuti parade di Kota Mataram pada Selasa, 21 Maret 2023. Jumlah tersebut merupakan parade terbesar sepanjuang sejarah parade di Lombok.

“Tahun ini jumlah Ogoh-ogoh paling banyak dari era-era, tahun-tahun sebelumnya. Ini karena memang tiga tahun tidak diadakan akibat pandemi kemarin,” kata Ketua Panitia Parade Ogoh-ogoh 2023, Made Krisna Yuda Prasetya, dihubungi koranntb.com, Senin, 20 Maret 2023.

Parade Ogoh-ogoh akan dimulai pukul 12.00 WITA dengan titik start di depan Kantor Lurah Cakra Barat, Jalan Pejanggik, Calranegara, Kota Mataram dan finish di Perempatan Cakranegara persis di depan Hotel Plaza Mataram.

Sebanyak lima Ogoh-ogoh berasal dari Lombok Tengah, 15 dari Lombok Barat dan 160 Ogoh-ogoh dari Kota Mataram. Jumlah tersebut merupakan jumlah Ogoh-ogoh paling banyak sepanjang sejarah parade di NTB. Itu karena sudah tiga tahun Parade Ogoh-ogoh tidak diadakan di Mataram akibat pandemi.

Baca Juga: Parade Ogoh-ogoh dan Perang Api

Antusias Umat Hindu di Kota Mataram dalam Parade Ogoh-ogoh sangat tinggi. Bahkan pada satu banjar bisa membuat sebanyak tiga hingga empat Ogoh-ogoh. Itu karena kerinduan mereka dengan parade tahunan yang tiga tahun tidak diselenggarakan tersebut.

“Sekarang anak-anak muda Umat Hindu menjadikan momen yang ditunggu. Antusias sangat luar biasa, satu banjar bisa sampai tiga hingga empat,” kata Krisna.

Selain parade, akan digelar juga Perang Api setelah atau saat parade. Perang Api diyakini untuk menolak bala sebelum perayaan Nyepi.

“Perang  Api dilaksanakan menyambut perayaan Nyepi. Tujuannya untuk penolak bala, sebagai suatu keyakinan. Perang Api setelah atau sedang berlangsung Parade Ogoh-ogoh nanti,” ujarnya. (red)