KORANNTB.com – Sebuah akun palsu Ida Dayak muncul di Instagram. Akun bernama @idadayak.official tersebut memiliki pengikut berjumlah lebih dari 26 ribu orang.

Pada akun tersebut membuka pendaftaran bagi masyarakat yang ingin berobat ke Ida Dayak. Akun tersebut meminta masyarakat untuk menghubunginya melalui nomor 085-756-925-645. Saat dihubungi, nomor tersebut akan memberikan jadwal praktik Ida Dayak dalam waktu dekat dan meminta agar masyarakat terlebih dahulu mendaftar.

Namun jika nomor tersebut dicek melalui aplikasi Getcontact, banyak masyarakat yang telah menyimpan nomor tersebut dengan nama “penipu”, “penipu jangan percaya”, “Hati-hati penipuan” dan lainnya. Tujuan masyakat menaruh nomor tersebut dengan nama “penipu” dengan tujuan agar masyarakat tidak mempercayainya.

Kominfo juga telah menerbitkan berita tentang hoax kontak tersebut yang bertujuan untuk menipu masyarakat berjudul “[HOAKS] Pendaftaran Pengobatan Ida Dayak di Palangka Raya“.

Media ini mencoba menelusuri modus penipuan tersebut dengan berpura-pura bertanya pada kontak tersebut pengobatan Ida Dayak. Dia memberikan jadwal pengobatan Ida Dayak terdekat pada 8-12 Mei di Palangka Raya, 15-19 Mei di Pontianak, 22-26 Mei di Balikpapan dan 1-5 Juni di Samarinda.

Akun palsu Ida Dayak

Saat ditanya bagaimana cara mendaftar menjadi pasien Ida Dayak di Palangkaraya, dia mengatakan harus mengisi formulir pendaftaran dan meminta biaya pendaftaran Rp250 ribu untuk ditranfer agar mendapatkan nomor antrean.

Dia mengirim nomor rekening Bank BRI dengan nama Avi Sukristianto. Dia mengatakan biaya pendaftaran ini untuk membeli minyak Ida Dayak sekaligus membantu petualangan Ida Dayak ke berbagai tempat di Indonesia.

Agar korban penipuannya tidak berbicara atau melakukan komplain pada Instagram, semua konten video pada Instagram tersebut dimatikan kolom komentarnya, sehingga masyarakat atau korban tidak dapat memberitahukan masyarakat lainnya bahwa akun tersebut adalah akun penipuan.

Untuk diketahui, Ida Dayak tidak pernah membuka pendaftaran apalagi harus berbayar. Bagi masyarakat yang akan berobat bisa langsung datang ke tempat dia membuka praktik dan akan diobati. (red)