Profil Aplha JWC Sebagai Venture Capital di Indonesia dan Asia Tenggara

KORANNTB.com – Alpha JWC merupakan salah satu dari venture capital yang ada di Indonesia dan di Asia Tenggara. Nama dari perusahaan yang satu ini sekarang ini telah menjadi sorotan publik setelah memberikan suntikan pendanaan sebesar 5 juta US Dollar atau yang setara dengan 71 miliar pada staf milik dari anak presiden Joko Widodo di tahun 2019 telah kembali menjadi perbincangan publik.

Goola merupakan salah satu startup yang dibentuk oleh Gibran Rakabuming sebagai anak presiden Jokowi dan walikota solo sekarang ini dengan menghadirkan start up yang menyajikan minuman tradisional indonesia seperti halnya es kacang hijau serta es doger. Selain itu juga terdapat startup yang diberikan nama Mangkoku didirikan oleh Gibran Rakabuming, Kaesang Pangarep serta Arnold Poernomo yang telah berhasil dalam mencapai pendanaan tahap awal sampai 2 juta US Dollar atau yang setara dengan 28,3 miliar yang berasal dari Alpha JWC Ventures.

1.   Siapa Alpha JWC Ventures

Alpha JWC Ventures merupakan salah satu perusahaan modal ventura untuk tahapan awal sehingga pertumbuhannya di Asia Tenggara yang memulai debutnya di Indonesia di tahun 2015 lalu dengan akar yang telah mendalam di Indonesia dengan pengalaman serta jaringannya yang sudah cukup luas memiliki cakupan regional serta global. Dalam hal ini dari perusahaan juga sudah melakukan perkembangan untuk menjadi dana tahapan awal terbesar serta melakukan kinerjanya terbaik di kawasan Asia Tenggara dengan adanya 70 lebih portofolio aktif serta AUM dengan nilainya sebesar 650 juta US Dollar.

Link Banner

Pada investasi yang diberikan terhadap startup hanyalah awalan untuk memulai dari adanya sebuah kemitraan dengan para founders. Perusahaan ini tetap memiliki komitmen untuk nantinya dapat memenuhi misi supaya dapat memberikan dukungan terhadap para founders dengan adanya berbagai pengalaman,kemampuan serta ilmu pengetahuan hingga jaringan secara global supaya nantinya dapat membantu untuk mencapai kesuksesannya.

2.   Pengertian Venture Capital

Adanya modal ventura merupakan investasi yang memiliki bentuk dalam pembiayaan serta penyertaan modal pada sebuah perusahaan swasta yang nantinya dapat dijadikan sebagai rekan ataupun pasangan usaha pada sebuah jangka waktu yang telah ditentukan. Dari adanya modal yang telah diberikan memiliki bentuk uang tunai yang kemudian dapat ditukarkan untuk menjadi sejumlah saham yang juga bisa ditukarkan kembali ke sebuah perusahaan pasangan usahanya tersebut.

Sebenarnya Ventura berasal dari sebuah kata venture yang artinya sesuatu yang memiliki kandungan risiko cukup tinggi Sehingga nantinya kegiatan investasi tersebut termasuk ke dalam risiko yang cukup tinggi meskipun begitu nilai dari imbal baliknya juga akan cukup tinggi. Pada saat memberikan penawaran terhadap dana investasi tentunya investor yang telah tergabung pada sebuah dana Ventura telah mengetahui bahwasanya perusahaan yang nantinya akan dibiayai itulah mempunyai tingkat risiko cukup tinggi serta tidak mempunyai syarat standar terhadap perusahaan terbuka untuk nantinya dapat memperoleh modal pinjaman dari sebuah perbankan seperti halnya perusahaan startup itu sendiri.

Link Banner

3.   Kekuatan Alpha JWC Ventures

a.    Tim

Perusahaan telah memperkerjakan adanya banyak orang terbaik yang tidak hanya sebatas untuk mereka yang mempunyai kemampuan luar biasa terhadap bidangnya tersebut. Akan tetapi juga dikarenakan mereka mempunyai hati serta pikiran di tempat yang tepat supaya nantinya dapat membantu dalam menginspirasi perubahan dengan perusahaan yang bersangkutan.

b.    Keahlian

Dalam hal ini perusahaan juga membawa metode, pengetahuan serta keahliannya untuk nantinya dapat mendukung para founder dalam membantu untuk membangun masa depan. Sehingga dalam menjalankan sebuah perusahaan start up tentunya akan membutuhkan keahlian khusus supaya perusahaan yang bersangkutan dapat berkembang sebagaimana mestinya.

c.    Jaringan dan Ekosistem

Adanya sebuah jaringan dan ekosistem ini dimiliki oleh perusahaan sebagai kemitraan global yang lebih solid dan memang sudah dibangun oleh perusahaan selama bertahun-tahun. Dalam jalinan hubungan itulah yang dibangun supaya nantinya para founder memiliki portofolio perusahaan yang juga bisa menarik manfaat terhadap mereka.

d.    Pemimpin di Industri dan Pasar

Pada sebuah perusahaan mempunyai pemahaman yang lebih mendalam terkait industri serta pasar dikarenakan di kawasan Asia Tenggara adalah rumah tempat perusahaan tersebut tumbuh. Sehingga tidak heran jika siap memberikan pendanaan pada sebuah perusahaan yang sedang berkembang karena dari perusahaan ini sendiri telah menjadi pemimpin di industri dan pasar.

e.    Rekam Jejak yang Luar Biasa

Dalam hal ini sebuah perusahaan bisa memberitahukan bagi setiap orang betapa hebatnya perusahaan yang telah dirintis ini. Akan tetapi juga perlu dikenali tidak ada yang dapat membuktikan hal tersebut menjadi lebih baik dibandingkan dengan rekam jejak perusahaan yang luar biasa dengan adanya dampak positif yang telah dibuat serta testimoni pada perusahaan yang memiliki portofolio perusahaan berhubungan dengan perusahaan ini.

4.   Portofolio Alpha JWC

Alpha JWC Ventures telah mencatat adanya beberapa startup yang sangat terkenal sudah masuk di dalam portofolionya diantaranya adalah kopi kenangan lemonilo ajaib carro bobobox, GudangAda dan lain sebagainya. Dalam hal ini dari perusahaan di tahun 2021 memiliki pemodal Ventura yang sudah mempunyai 4 unicorn di dalam portofolionya dengan adanya 14 perusahaan mempunyai valuasi 500 juta US Dollar sampai 1 miliar US Dollar dengan 4 unicorn yang dimaksudkan yaitu Kredivo, Carro, Ajaib serta Kopi Kenangan.

Selain itu dari perusahaan sendiri juga telah berhasil dalam mengumpulkan dana over subscribed mencapai 433 juta US Dollar atau yang setara dengan 6,1 triliun yang berasal dari investor global serta regional di dalam Fund III yang telah diadakan pada kuartal IV di tahun 2021. Bahkan untuk partner value creation Alpha JWC Ventures yaitu Erika Dianasari telah menyebutkan bahwasanya 2021 adalah tahun yang sangat penting pada perusahaan ini sebagai perusahaan yang sudah berinvestasi di dalam 29 kesepakatan dengan nilainya yang melebihi dari 8 juta US Dollar serta menyambut adanya 18 start up baru yang ada di kawasan Asia Tenggara di dalam portofolio yang dimilikinya. (red)