KORANNTB.com – Satu dari dua nelayan asal Dusun Gusung Desa Bugis Kecamatan Sape Kabupaten Bima hilang usai perahu mereka terbalik dihantam ombak, Senin, 4 September 2023.

Dua nelayan tersebut bernama Firdaus (28) dan Toto (30). Saat perahu terbalik, Toto berhasil selamat, sementara rekannya Firdaus hingga saat ini masih hilang dan diduga tenggelam.

Lalu Wahyu Efendi Kepala Kantor SAR Mataram, menerangkan pihaknya telah menerjunkan personil dari Pos SAR Bima sejak hari Senin (4/9) siang. Pencarian dilakukan bersama TNI, Polri, potensi SAR wilayah Bima, nelayan, dan warga setempat.

“Kami lakukan pencarian di lokasi kejadian dan perairan sekitar,” kata Wahyu.

Barang milik korban sempat ditemukan di sekitar Perairan Pulau Kelapa, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima. Penyelaman di lokasi yang dicurigai juga terus dilakukan petugas.

“Pagi tadi sempat ditemukan busa (styrofoam) yang digunakan korban untuk menyelamatkan diri,” katanya.

Hingga pukul 18.00 Wita Selasa, pencarian belum membuahkan hasil. Pencarian dihentikan sementara dan akan kembali dilanjutkan besok pagi.

Menurut keterangan pihak kepolisian, dua nelayan tersebut sedang mencari ikan. Saat kejadian, kaki Firdaus terlilit tali jangkar, sehingga meminta pisau ke rekannya untuk memotong tali yang membelitnya. Namun naas, Firdaus tidak tertolong karena dalam waktu singkat ia tenggelam.