KORANNTB.com – Setelah banyak protek pegiat pariwisata dan lembaga adat Lombok, Instagram @motogp akhirnya menghapus poster MotoGP Mandalika yang memiliki latar belakang budaya Pulau Dewata Bali.

Poster yang diunggah dan sempat dibanjiri ribuan komentar tersebut telah hilang pada akun @motogp.

Akun dengan lebih dari 14 juta pengikut tersebut sebelumnya mengunggah foto pembalap yang akan balapan di Sirkuit Mandalika Lombok. Namun pada latar belakang poster bergambar pura yang menjadi ciri khas Bali. Itu kemudian menuai protes.

Sebelumnya, Tim Monitoring dan Evaluasi KEK Pariwisata Kemenparekraf, Taufan Rahmadi menyarankan poster tersebut dihapus oleh @motogp sebelum memunculkan lebih banyak protes.

“Itu mengingat dalam desainnya hanya menonjolkan budaya Bali, tidak ada sentuhan budaya Lombok di dalamnya,” kata Taufan.

Dia menganggap poster yang ditampilkan akun @motogp sebagai cermin tidak pahamnya ITDC terhadap nilai budaya di Mandalika.

“Poster ini bisa dianggap menjadi cerminan ketidakpahaman atau tidak sensitifnya ITDC terhadap nilai-nilai budaya di Mandalika,” kata Taufan. (Baca selanjutnya)