KORANNTB.com – Gempa bumi bermagnitudo 4,4 menggucang Kabupaten Dompu dan Bima Nusa Tenggara Barat pukul 23.24 Wita, Minggu 15 Oktober 2023.

Gempa bumi tersebut terletak pada koordinat 8,20° LS; 118,09° BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 55 km barat laut Dompu, NTB pada kedalaman 15 kilometer.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Ardhianto Septiadhi dalam keterangan pers mengatakan gempa tersebut merupakan aktivitas sesar naik busur belakang Flores.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Thrust),” katanya.

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Dompu dan Kabupaten Bima dengan skala III MMI atau  seperti getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempa bumi tektonik menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujarnya.