Penulis: Mar’atun Solihah (Mahasiswa UIN Mataram)

KORANNTB.com – Indahnya embun dan kabut di pagi hari dapat disaksikan langsung jika mengunjung Desa Tempos, Kecamatan Gerung, Lombok Barat. Desa yang satu ini memang menawarkan keindahan alam yang memukau mata.

Bak lukisan masa lalu jalan lurus di tengah bukit dengan diapit sawah di kira dan kanan jalan, membuat Tempos menjadi tempat yang begitu eksotis khususnya di pagi hari.

Embun dan kabut di sana akan mulai turun atau terlihat pukul 05.00 hingga 06.00 Wita. Jika beruntung kabut akan bertahan lebih lama.

Desa Tempos bisa dimanfaatkan sebagai lokasi olahraga seperti jogging, jalan kaki atau bersepeda. Saat hari libur, pedagang akan menjual aneka kuliner di sana dengan harga yang cukup murah.

Kabut di Desa Tempos, Gerung (koranntb.com/satria)

Banyak fotografer yang rela bangun pagi-pagi hanya demi mengabadikan momen di Desa Tempos. Latar sawah dan bukit yang indah dengan kabut tebalnya membuat hasil bidikan kamera sangat memukau.

Rerumputan yang indah, pohon kelapa yang berdiri berjejeran, embun yang jatuh, bukit yang kokoh dan kabut yang lembut membuat suasana Tempos begitu sangat alamai.

Untuk menuju Tempos, pengunjung dapat melalui arah selatan lewat belakang Taman Kota Gerung. Terus berjalan hingga tiba di pertigaan Dasan Geres. Lalu pengunjung mengambil jalur kiri dan terus berjalan hingga tiba di simpang dua.

Tepat di samping Apotek Lova Farma, pengunjung belok kanan dan terus berjalan hingga tiba di jembatan bertulis ‘Selamat Datang di Desa Tempos’. Terus berjalan hingga melalui Perumahan Bumi Permata Penas di Tempos.

Pengunjung kembali berjalan mengikuti aspal yang hanya satu arus menuju area persawahan Tempos yang memiliki keindahan kabutnya.