KORANNTB.com –  Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo memaparkan solusi bagi para Difabel dan Disabilitas untuk mudah dalam mengakses pendidikan.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu mengatakan, yang diperlukan oleh para penyandang disabilitas adalah kesetaraan. Disamping kesetaraan, penerapan sekolah yang inklusif menjadi faktor utama bagi penyandang disabilitas untuk bisa akses pendidikan.

“Saya pernah ke kawan-kawan Kades dulu untuk mendata berapa jumlah kaum disabilitas untuk diatensi, karena mereka butuh bergaul dan berinteraksi,” jelasnya pada acara Nongkrong bersama pemuda-pemuda Sabtu, 2 Desember 2023 di Dapoer Sasak Udayana Mataram.

Lebih dari itu, Ganjar Pranowo memaparkan solusi dan menilai pemberian ruang sosial bagi penyandang disabilitas juga bagian dari menyokong pengembangan diri mereka.

“Jadi kita harus mengikuti kawan-kawan kita yang disabilitas, kita harus pahami bahasa isyaratnya mereka, jadi kalau tidak bisa, memang negara yang urus, dan harus ada komprominya dengan orang tua,” ujarnya.

Banyak yang memiliki kemampuan, itu harus diakomodir sebagai aset negara. Perlu dukungan oleh stakeholder, sebab kesetaraan dan kemudahan akses akan mudah dijangkau oleh para penyandang disabilitas.

“Olahraga, kesenian, ataupun talenta-talenta apapun dari kaum difabel harus disuport dan didukung, maka kalau bicara tentang peluang, semua sangat bisa,” katanya.