KORANNTB.com – Viral sebuah video memperlihatkan kondisi banjir di Sungai Brang Biji Sumbawa Besar. Satu unit rumah warga hanyut terbawa banjir bersama pemilik rumah. Kejadian terjadi pada Jumat, 9 Februari 2024.

Kepala Pelaksana BPBD Sumbawa, Muhammad Nurhidayat mengatakan hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan banjir dan tanah longsor pukul 19.30 Wita.

Luapan air merendam enam kelurahan di Kecamatan Sumbawa. Masing-masing adalah Kelurahan Bugis, Kelurahan Samapuin, Kelurahan Pekat, Kelurahan Brang Biji, Kelurahan Brang Bara dan Kelurahan Lempeh.

“Pada Pukul 13.30 Wita terjadi Hujan Lebat di wilayah Hulu Kabupaten Sumbawa mengakibatkan banjir yang menggenangi seluruh bantaran sungai dari Kelurahan Samapuin hingga mulut Kali Desa Labuhan Sumbawa, mengakibatkan banjir yang menggenangi rumah warga karena debit air yang tinggi mengakibatkan meluapnya air dari tanggul,” katanya.

Sebanyak 1.850 jiwa terdampak di Kelurahan Bugis, kemudian di Kelurahan Samapuin sebanyak 100 kepala keluarga terdampak dan satu rumah hanyut.

Di Kelurahan Pekat sebanyak 2.200 warga terdampak, Kelurahan Brang Biji 86 kepala keluarga terdampak, Kelurahan Brang Bara sebanyak 988 jiwa terdampak, kemudian di Kelurahan Lempeh sebanyak 703 jiwa terdampak.

Selain banjir, terjadi juga tanah longsor yang disebabkan oleh banjir tersebut.

“Longsor terjadi di dua titik dekat PDAM Semongkat dan Berang Dara setelah jembatan area konservasi Semongkat,” ujarnya.

BPBD setempat belum mendata jumlah kerugian akibat banjir serta kebutuhan korban sejauh ini.