KORANNTB.com – Pilkada Lombok Barat saat ini makin menarik dengan beberapa figur yang mulai muncul yang berpotensi mewarnai bursa pemilihan di Gumi “Patut Patuh Patju” Lombok Barat.

Ada deretan nama yang mulai muncul seperti Lalu Ahmad Zaini (LAZ), Hj Sumiatun, Nauvar Furqani Farinduan hingga Hj Nurnidayah. Namun nama Pj Sekda NTB Ibnu Salim juga santer diperhitungkan mulai tingkat elit hingga masyarakat Lombok Barat.

Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram Ihsan Hamid menilai Ibnu Salim sangat diperhitungkan oleh elit dan masyarakat di Lombok Barat.

“Sebetulnya saya melihat Ibnu Salim sudah masuk radar cukup lama. Terlepas dari persoalan Lobar 1 atau 2, tapi nama Ibnu Salim cukup diperhitungkan elit dan masyarakat,” kata Doktor Ihsan, Senin, 25 Maret 2024.

Menurutnya, kapasitan dan kualitas Ibnu Salim tidak dapat diremehkan untuk bertarung di Lombok Barat. Bahkan dibanding dengan deretan calon lain, kapasitas Ibnu Salim dinilai cukup mempuni.

“Kapasitas dan kualitas tidak bisa diremehkan. Dia punya kemampuan dan kapasitan individu bagus dibanding calon lain,” ujarnya.

“Kalau bandingkan nama-nama beken seperti LAZ, Fafrin, Hidayah, Sumiatun kemampuan Ibnu Salim mempuni,” ujarnya.

Doktor Ihsan menilai semakin banyak putra-putri daerah yang maju menunjukkan kesadaran untuk mengabdi diri. Masyarakat juga tentunya semakin memiliki banyak pilihan.

“Semakin banyak putra Lobar semakin baik. Itu hal yang bagus karena Lobar menjadi banyak pilihan. Putra daerah memiliki kesadaran mengabdi ke daerah,” ujar dia.

Terlepas dari itu, saat ini belum dapat dipastikan siapa yang akan mendeklarasikan diri untuk maju dalam Pilkada Lombok Barat. Saat ini masing-masing figur masing berupaya melakukan lobi-lobi politik untuk masuk dalam bursa Pilkada Lombok Barat.