KoranNTB.com – Hujan angin melanda banyak wilayah di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Hujan disertai angin kencang mulai sejak sore tadi, Selasa, 22 Januari 2019.

Pantauan media ini, di wilayah Bypass BIL 2 Lombok Barat, sejumlah spanduk calon legislatif (caleg) yang terpasang di pinggir jalan rusak tertiup angin. Ada yang jatuh ke sawah, ada juga yang terbang hingga tersangkut kabel listrik.

Berdasarkan informasi Deputi Bidang Meteorologi BMKG, R. Mulyono R. Prabowo di Jakarta, hujan lebat akhir Januari 2019 tidak hanya di NTB, tetapi berpotensi melanda hampir semua daerah di Indonesia.

“Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer (22/01/2019), terpantau masih terdapat aliran massa udara basah dari Samudera Hindia yang masuk ke wilayah Jawa, kalimantan, Bali, NTB hingga NTT,” ujarnya melalui rilis yang diterima.

Penjelasannya, bersamaan dengan itu, masih kuatnya Monsun Dingin Asia beserta hangatnya Suhu Muka Laut di wilayah perairan Indonesia menyebabkan tingkat penguapan dan pertumbuhan awan cukup tinggi.

“Dari pantuan pergerakan angin, BMKG mendeteksi adanya daerah pertemuan angin yang konsisten dalam beberapa hari terakhir memanjang dari wilayah Sumatera bagia Selatan, Laut Jawa, Jawa Timur, Bali, hingga NTB dan NTT,” pungkasnya. (red/3)