KoranNTB.com – Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan MotoGP 2021. Kawasan Mandalika, Lombok Tengah menjadi lokasi sirkuit.

Penandatanganan kontrak antara Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) atau PT Pengembangan Pariwisata Indonesia dengan penyelenggara MotoGP Dorna Sports, secara resmi menetapkan Lombok menjadi lokasi event internasional tersebut

Media asing ramai-ramai memberitakan Lombok yang terpilih menjadi lokasi MotoGP. The New York Times yang berbasis di Amerika dan Reuters yang berbasis di London, Inggris, mengambil sudut pandang berita terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah.

Dua media tersebut mengatakan setelah berhasil menyaingi Brazil sebagai tuan rumah, Indonesia terpilih karena menjadi pasar utama MotoGP.

“Indonesia adalah pasar utama bagi kami dengan persentase penggemar motor sport yang tinggal di sini dan atmosfer MotoGP akan semakin kuat setelah sirkuit selesai,” tulis media tersebut mengutip pernyataan pihak Dorna Sports.

Selain itu, media tersebut juga membahas Lombok akan menjadi lokasi Superbike.

Media yang berbasis di Singapura, The Straits Times, mengangkat sudut pandang terpilihnya Lombok menjadi tuan rumah MotoGP, untuk membantu pemulihan Lombok pasca diguncang gempa 2018 lalu.

Media tersebut membuat judul ‘Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP di Pulau Lombok yang dilanda gempa’. Pada artikel dibahas penyelenggaraan MotoGP di sana berpotensi besar akan mempromosikan kecantikan pariwisata Pulau 1000 Masjid tersebut.

“Proyek ini (MotoGP) dimaksudkan untuk membantu Lombok, tempat kecantikan yang berdekatan dengan Bali, pulih dari gempa yang menewaskan lebih dari 500 orang pada Juli dan Agustus, kata seorang pejabat senior sebelumnya,” tulis The Straits Times. (red/7)