KoranNTB.com – Syamsuri Firdaus, seorang Qori muda asal Kecamatan Bolo (Sila), Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, berhasil meraih juara pertama pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional ke-7 di Istanbul, Turki.

Kemenangannya membuat dia diundang khusus oleh Presiden Turki, Erdogan. Bahkan Erdogan di alun Instagram miliknya @rterdogan mengunggah foto dia bersama Syamsuri Firdaus.

Firdaus meraih juara satu menyingkirkan Qori lainnya asal Libia, Turki, Iraq, Tanzania hingga Iran.

Gubernur NTB, Zulkieflimasyah, mengapresiasi prestasi yang diraih Qori asal NTB tersebut.

“Alhamdulillah di antara 68 negara yang ikut Indonesia terpilih sebagai juara satu, dan hebatnya lagi diraih oleh anak muda NTB,” ujarnya, Senin, 27 Mei 2019.

Sementara, Karo Humas dan Protokol Provinsi NTB Najamuddin Amy, mengatakan telah banyak prestasi anak muda NTB yang kini  menjadi viral. “Kita punya Zohri di bidang olahraga dan banyak yang lagi yang mampu berbicara banyak di panggung internasional. Kini kita terperangah anak muda dari Bima NTB mengharumkan nama Indonesia di panggung MTQ Internasional,” ungkapnya.

Syamsuri Firdaus di rencananya malam ini akan pulang ke Indonesia. Sebelumnya dia diundang langsung oleh imam besar Masjid Sultan Ahmed di Istanbul untuk ngaji di depan para jamaah setelah salat Ashar. (red)