KORANNTB.com – Universitas Mataram (Unram) menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2019 yang melibatkan instansi terkait salah satunya Korem 162/WB untuk memberikan materi tentang Ketahanan Negara dan Bela Negara di Audotirium M. Yusuf Abubakar Unram, Sabtu, 10 Agustus 2019.

Pada kesempatan tersebut, Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, yang diwakili Pasi Bakti Ster Korem 162/WB Mayor Inf I Made Dharma dalam materinya menjelaskan tekait dengan kegigihan para patriot bangsa dengan gagah berani dan pantang menyerah merebut kemerdekaan dari tangan penjajah baik Belanda dan sekutunya maupun Inggris dan Jepang.

“Ini yang patut kita jadikan tauladan untuk terus menanamkan jiwa nasionalisme dan patriotisme pada diri anak bangsa sehingga tidak mudah goyah oleh perubahan zaman,” ujar Made Darma.

Menurutnya, rasa persatuan dan kesatuan bangsa sangat dibutuhkan untuk menghadapi trend perang modern seperti sekarang ini yakni Proxy War yaitu perang melalui berbagai aspek meliputi ideologi, politik, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

“Salah satunya melalui Narkoba yang sangat berbahaya bagi generasi muda penerus bangsa,” sebut pria kelahiran Bali tersebut.

Selain itu, sambungnya, media sosial juga mengambil peran strategis dan menentukan arah kehidupan berbangsa dan bertanah air karena kegunaan memiliki seribu manfaat, namun juga memiliki sejuta kerugian apabila digunakan untuk hal-hal yang negatif.

“Mari kita jaga Indonesia dengan menerapkan empat pilar kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka tunggal Ika,” tutupnya.

Kegiatan PKKMB tahun 2019 Unram diikuti Mahasiswa baru seluruh kampus dengan mengangkat tema “Melalui PKKMB Kita Tingkatkan Pengamalan Nilai-Nilai Agama Pancasila, Integritas dan Karakter Bangsa.” (red)