KORANNTB.com – Ada cara unik pelajar di Lombok, Nusa Tenggara Barat merayakan kemerdekaan. Pelajar SMK Ilhami Aikmel, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, menggelar upacara bendera di lokasi pembuangan sampah, Sabtu, 17 Agustus 2019.

Dengan menggunakan seragam pramuka, mereka menggelar upacara bendera di Sungai Pesanggrahan, Kecamatan Aikmel, Lombok Timur.

Sungai tersebut seringkali dijadikan tempat pembuangan sampah oleh warga, sehingga mereka berinisiatif menjadikan lokasi sebagai tempat upacara kemerdekaan. Tujuannya untuk menyadarkan masyarakat agar tidak sembarang membuang sampah.

Panitia acara,  M Putradi Zaki mengatakan kegiatan itu juga merupakan bagian dari mendukung program zero waste atau tanpa sampah yang digagas pemerintah daerah.

“Tujuan kegiatan ini, tidak lain untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan, selain itu siswa dan siswi yang terlibat juga akan mendapatkan edukasi terkait dengan pentingnya menjaga lingkungan,” katanya, Minggu, 18 Agustus 2019.

Kegiatan yang bekerjasama dengan pemuda Dusun Cepak Daye ini diawali dengan berjalan kaki dari sekolah menuju lokasi upacara sekitar 1 kilometer. Dalam perjalanan, para pelajar memungut sampah dan diisi dalam karung plastik yang mereka bawa.

“Kita berjalan sembari memungut sampah dan menyimpan dalam tas karung yang kami siapkan. Sampah itu kita kumpul dan buang di tempat sampah,” katanya.

Di desa tersebut juga pada Minggu lalu telah dibentuk bank sampah, untuk mengelola sampah bernilai ekonomis. Bahkan, Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi secara langsung meresmikannya. (red)

Foto: Upacara di lokasi pembuangan sampah. (Istimewa)