Tak Ingin Kecolongan, Seluruh RS di NTB Siapkan Ruang Isolasi Corona

KORANNTB.com – Nusa Tenggara Barat tidak ingin kecolongan akibat wabah Corona yang telah masuk Indonesia. Kini seluruh rumah sakit telah disiapkan ruang khusus untuk mengisolasi pasien suspect Corona.

Kepala Dinas Kesehatan NTB, Nurhandini Eka Dewi, mengatakan seluruh rumah sakit memiliki ruang khusus setelah diintruksikan. Namun penanganan Corona diupayakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) NTB.

“Sebenarnya kabupaten kota punya ruang isolasi, tapi kalau untuk Corona kita upayakan dirawat di RSUP, tapi andaikan penuh yang mereka (RS kabupaten/kota) harus siap juga merawat,” katanya dihubungi, Selasa, 3 Maret 2020.

Link Banner

Ia mengatakan telah memerintahkan seluruh rumah sakit untuk menyiapkan ruang isolasi jika ada pasien yang memiliki gejala terinfeksi COVID-19 itu.

“Saya sudah undang RS dan minta mereka siapkan ruang isolasi, tugas kami meninjau ulang. Kayak Bima sudah tinjau dan kita minta perbaiki, ini kurang harus diubah,” ujarnya.

Sementara untuk alat bagi petugas yang menangani pasien dengan gejala Corona dibutuhkan ventilator. Ventilator yang tersedia di ruang isolasi baru ada di RSUD NTB. Sementara rumah sakit di kabupaten/kota belum memiliki ventilator yang ada di ruang isolasi.

“Alat yang dibutuhkan kalau belum parah sama kayak lain, tapi kalau sudah parah dia butuh ventilator. Itu makanya kalau di ruang isolasi RSUP ada ventilator khusus,” katanya. (red)

Link Banner
Link Banner