Selain Viking Sun, Kapal Pesiar Lain Boleh Masuk di NTB

KORANNTB.com – NTB menolak masuk kapal pesiar Viking Sun di Lombok. Itu dilakukan setelah Surabaya dan Semarang juga menolak kapal tersebut bersandar.

Penolakan tersebut dilakukan karena sebelumnya beredar kabar dua penumpang di dalam kapal mengalami gejala seperti Corona. Meskipun telah dipastikan bebas Corona, namun NTB juga tidak ingin kecolongan.

“Viking Sun gak kita terima di sini. Kapal pesiar (lainnya) yang datang kita melakukan pemeriksaan ekstra ketat,” kata Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi dalam konferensi pers di Kantor Gubernur NTB, Senin, 9 Maret 2020.

Link Banner

Meskipun demikian kapal pesiar lain dapat bersandar di Lombok, dengan pengawasan yang cukup ketat.

Pagi tadi, kapal pesiar MS Albatros yang mengangkut wisatawan mancanegara tiba di Pelabuhan Gili Mas, Kecamatan Lembar, Lombok Barat.

Kapal berbendera Bahamas/Nasau tersebut membawa 661 penumpang, yang terdiri dari 317 kru dan 344 wisatawan. Kapal yang dinahkodai Capt. Aleksey Zinkoisky datang dari Benoa Bali untuk membawa wisatawan mancanegara berwisata ke Lombok

Selain itu, pada Selasa besok juga akan bersandar kapal pesiar lain ke Lombok.

“Harus kita pandai memanfaatkan momen mereka singgah. Satu hari jika dimanfaatkan baik bisa memberikan efek ekonomi yang baik,” ujarnya.

Dia mengatakan, kapal yang masuk di NTB dilakukan pengecekan yang ketat. Dilakukan pengecekan kesehatan sebelum bersandar di pelabuhan dan saat turun maupun naik kembali di kapal.

Selain itu, akan diperiksa riwayat perjalanan kapal apakah melalui daerah yang terpapar Corona dan juga memeriksa riwayat kesehatan penumpang termasuk kru kapal. (red)

Link Banner
Link Banner