Kadinkes: Ada 107 ODP Corona di NTB

KORANNTB.com – Kepala Dinas Kesehatan NTB, Nurhandini Eka Dewi, mengatakan ada sebanyak 107 Orang Dalam Pemantauan (ODP) Corona di NTB.

Mereka yang masuk dalam ODP merupakan warga NTB yang baru tiba dari negara-negara terpapar Corona. Meskipun dinyatakan negatif atau bebas dari Corona, mereka akan tetap dipantau selama 14 hari mendatang.

“Mereka yang ODP sepulang dari negara terdampak,” kata Eka belum lama ini di Mataram.

Link Banner

Pemantauan akan dilakukan selama 14 hari untuk mengantisipasi jika ternyata virus COVID-19 masih dalam masa inkubasi. Namun jika bebas Corona selama 14 hari pemantauan, maka akan diberikan surat keterangan sehat.

“14 hari dalam pemantauan. Setelah selesai kita berikan surat keterangan sehat,” ujarnya.

Dia mengapresiasi respon keluarga warga NTB yang berada di negara terpapar Corona. Para keluarga melaporkan pada Posko Waspada Virus Corona di Mataram dan meminta karantina keluarganya yang akan tiba di Lombok.

“Bagus masyarakat NTB melapor ke Posko Corona. Orang tuanya datang mengabari, sehingga kita memberikan pilihan mau dikarantina ke mana,” katanya.

Sementara, ia menyebutkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di NTB yang telah masuk ruang isolasi sebanyak tujuh orang. Seluruhnya dinyatakan bebas Corona.

“Pasien Dalam Pengawasan yang harus masuk ruang isolasi total tujuh. Semua negatif,” ujarnya. (red)