8 Pasien di NTB Diawasi Terkait Corona

KORANNTB.com – Pasien dalam pengawasan (PDP) Corona berjumlah delapan orang per Sabtu, 21 Maret 2020.

PDP tersebut semula berjumlah 19 orang, namun 11 di antaranya telah selesai diperiksa dan dinyatakan negatif atau tidak terpapar Corona.

Kepala Dinas Kominfotik NTB, I Putu Gede Aryadi, yang tergabung dalam Posko Waspada Virus Corona NTB, mengatakan saat ini NTB masih negatif dari virus Corona.

Link Banner

Ia mengatakan, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) Corona di NTB berjumlah 267. Namun sebagian telah selesai dipantau dan dinyatakan negatif Corona.

“Jumlah ODP 267 orang, 133 orang telah selesai dalam pemantauan, dan sisanya 134 masih dipantau,” katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu, 21 Maret 2020.

Mereka yang telah selesai berstatus ODP diberi surat keterangan sehat. ODP merupakan WNI maupun WNA yang datang ke NTB setelah pulang atau datang dari wilayah terdampak Corona.

Kepala Pelaksana BPBD NTB Ahsanul Khalik, mengatakan untuk Lombok Utara, empat orang diperiksa terdiri dari satu PDP dan tiga ODP.

Untuk Lombok Tengah, sembilan diperiksa terdiri dari dua PDP dan tujuh ODP. Kota Mataram 33 diperiksa, 5 PDP dan 28 ODP.

Lombok Barat satu PDP dan 14 ODP. Lombok Timur empat PDP dan 62 ODP. Sumbawa satu PDP dan 53 ODP, kemudian Sumbawa Barat satu PDP dan 34 ODP.

Dompu enam ODP dan satu PDP, Bima satu PDP dan 39 ODP. Kemudian Kota Bima sembilan ODP dan WNA dua PDP dan 12 ODP.

Ahsanul Khalik mengatakan pertumbuhan jumlah orang yang diperiksa di Lombok Timur, Kabupaten Bima, Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat terbanyak dari pekerjaan migran Indonesia yang baru pulang kampung dan warga yang baru pulang dari daerah terpapar Corona seperti Jakarta dan Bali.

“Langkah antisipasi harus lebih masih. Perang terhadap Corona harus dengan sistem gotong royong. Maka semua pihak harus terlibat dan utamanya masing-masing orang segenap warga masyarakat dengan cara sederhana,” ujarnya.

“Jaga jarak dalam setiap kesempatan, hindari kerumunan, jangan sentuh mata, hidung, mulut, sering cuci tangan, perbanyak kegiatan di rumah dan hidup bersih,” katanya. (red)

Foto: Kepala Dinas Kominfotik NTB, I Putu Gede Aryadi/koranntb.com

Link Banner