Pasien Corona di Sumbawa Pernah Interaksi dengan Pasien di Lombok Timur

KORANNTB.com – Pasien perempuan berinisial M (44) asal Desa Lunyuk Rea, Kecamatan Lunyuk, Kabupaten Sumbawa dikonfirmasi positif Corona. Dia merupakan pasien ke enam di NTB yang terkonfirmasi positif.

Dia dikabarkan pernah melakukan kontak erat dengan pasien positif Corona di Aikmel Lombok Timur. Salah seorang pasien positif di Aikmel Lombok Timur merupakan keluarga dari pasien berinisial M asal Lunyuk.

“Ya, hasil kontak tracking satu pasien,” kata Kepala Dinas Kesehatan NTB, Nurhandini Eka Dewi, Rabu, 1 April 2020.

Link Banner

Pada Rabu, 11 Maret pasien berinisial M berobat di Puskesmas Aikmel dengan keluhan demam dan batuk pilek.

Kemudian setibanya di Lunyuk pada 16 Maret pasien mengalami tidak enak badan, jantung berdebar, tensi naik dan terasa flu. Dia kemudian berobat di Puskesmas Lunyuk.

Pada 17 Maret pasien mengalami lemas dan sesak napas, sehingga diinfus di rumah. Kemudian berlanjut pada 20 Maret melakukan kontrol di Puskesmas yang sama. Di hari berikutnya pasien menjalani tes laboratorium.

Namun pada 24 Maret 2020, pasien yang merupakan guru di SMAN 1 Lunyuk dibesuk oleh 16 muridnya. Sehingga, kini pemerintah daerah melakukan isolasi dan menetapkan status orang dalam pemantauan (ODP) terhadap orang-orang yang berinteraksi dengan dirinya.

“Untuk menghindari penularan lebih lanjut, petugas kesehatan melakukan contact tracking terhadap semua orang yang pernah kontak dengan yang bersangkutan,” ujar Gubernur NTB Zulkieflimansyah dalam keterangan pers.

Gubernur mengatakan, hingga kini pasien dalam kondisi membaik dan dirawat di ruang isolasi RSUD H.L Manambai Abdulkadir Sumbawa sejak 26 Maret 2020.

“Penderita saat ini dalam kondisi semakin membaik, menunggu hasil test negatif sebanyak dua kali, sebelum bisa dipulangkan ke rumah,” katanya. (red)

Foto: ilustrasi

Link Banner