Panen Raya, Danrem Minta Hasil Penen di NTB Tidak Semua Dijual ke Luar

KORANNTB.com – Danrem 162/WB Kolonel Czi. Ahmad Rizal Ramdhani, memberikan semangat satuan jajaran Korem 162/WB maupun masyarakat NTB untuk melawan COVID-19.

Seperti yang disampaikan Kapenrem 162/WB Mayor Inf Dahlan, Danrem memberikan semangat dan upaya antisipasi penyebaran COVID-19 di NTB.

Ia meminta semangat harus terus digelorakan untuk lawan pandemi Covid-19, jangan lengah, serta  berdayakan segala potensi, daya kemampuan, berkolabori dengan semua komponen yang ada.

Link Banner

“Agar terus melakukan koordinasi yang ketat lintas sektoral dengan seluruh stakeholder terkait, baik lingkup pemerintah maupun swasta bahkan komponen masyarajat yang ada di tiap m wilayah untuk lebih meningkatkan lagi sinergitas, bersatu padu melawan pandemi Covid -19 di NTB,” kata Danrem seperti yang disampaikan Kapenrem, Minggu, 19 April 2020.

“Karena saat ini musuh bersama kita adalah Covid-19 yang hanya bisa dibasmi dengan cara bersatunya seluruh kekuatan di NTB berjuang tanpa kenal lelah menangani secara komperhensif pandemi Covid-19 secara tuntas,” ujarnya.

Ia menekankan sinergitas Pemda, TNI-Polri, swasta dan masyarakat untuk melakukan pencegahan Covid-19 dengan skala prioritas.

“Sebagai upaya untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19 di seluruh wilayah NTB termasuk mengantisipasi segala kemunkinan dari dampak Wabah Covid-19,” katanya.

Danrem 162/WB mengatakan saat ini NTB sedang panen raya di beberapa daerah. Sehingga, momen tersebut dapat dimanfaatkan Gugus Tugas Satgas Penanganan Covid-19 untuk meningkatkan ketahanan pangan, hasil panen dapat menambah stok cadangan selama menghadapi Covid-19.

“Sasarannya terpenuhi kebutuhan pangan dalam kondisi kita menghadapi pandemi. Saat panen agar dikoordinasikan dengan Dinas Pertanian agar saat panen tetap mempedomani protokol social distancing sesuai prosedur dan hasil panen agar tidak semuanya dijual ke luar NTB namun disimpan di masing-masing gudang hingga Bulog sebagai cadangan pangan hingga awal tahun 2021 nanti,” ujarnya.

Ia meminta, pasca panen, lahan yang ada kembali ditanam ulang dengan melibatkan pekerja, sehingga dapat meminimalisir pengangguran saat masa pandemi.

Diharapkan tanaman yang dikembangkan memiliki nilai ekonomis tinggi dan cepat panen . Begitu juga di sektor perikanan baik darat maupun laut agar dikembangkan semaksimal mungkin guna meningkatkan roda perputaran ekonomi.

Danrem 162/WB juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih, kepada Gugus Satgas Penanganan Covid-19 yang telah mengambil peran sesuai bidang tugas fungsi masing-masing dan saling bahu membahu dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

“Menjadi tanggung jawab kita bersama untuk saling mengingatkan dan mengajak dalam mencegah penyebaran virus ini, demi kebaikan diri sendiri, keluarga, bangsa dan negara,” kata Danrem.

“Saya ucapkan juga terima kasih kepada awak media yang sudah ikut ambil bagian dalam memberikan edukasi, menyebarkan informasi dan imbauan pemerintah dan lainya, termasuk kegiatan panen untuk kita suarakan melalui media baik elektronik, cetak maupun online, agar masyarakat luas dapat mengakses informasi…,” ujarnya. (red)

Link Banner