Tiga Pasar di Mataram Didatangi Aparat, Banyak Warga Tidak Gunakan Masker

KORANNTB.com —TNI-Polri berkolaborasi menggelar patroli gabungan di tiga pasar tradisional di Kota Mataram, Kamis, 21 Mei 2020.

Patroli ini untuk melakukan pengecekan dan memberi imbauan kepada warga masyarakat. Imbauan berkaitan dengan pemberlakuan Surat Keputusan (SK) Gubernur NTB dan Wali Kota Mataram tentang pembagian zakat. Kemudian pelaksanaan salat Idul Fitri, Lebaran Ketupat dan malam takbiran sesuai protokol penanganan Covid-19.

Imbauan disampaikan langsung oleh Kapolresta Mataram, Kombes Pol Guntur Herditrianto bersama Dandim 1606 Lombok Barat, Kolonel Czi Efrijon Kroll di tiga pasar tradisional. Pertama mendatangi Pasar Pagesangan. Selanjutnya menuju Pasar Kebon Roek, Ampenan. Terakhir imbauan diberikan di Pasar Mandalika, Bertais.

Link Banner

Patroli gabungan mengimbau dan mengajak warga masyarakat untuk melaksanakan dan mengikuti imbauan pemerintah, yaitu untuk tidak melaksanakan ibadah salat Idul Fitri 1441 H di masjid maupun di lapangan. Melainkan untuk dilaksanakan di rumah masing-masing. Masyarakat juga diminta untuk meniadakan tradisi Lebaran Ketupat. Tujuannya adalah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

‘’Hari ini kami turun langsung memberikan imbauan kepada masyarakat dengan mendatangi tiga pasar tradisional. Kita minta untuk mengikuti himbauan pemerintah tentang pelaksanaan sholat Idul Fitri di rumah masing-masing,’’ ujar Kapolresta Kombes Pol Guntur Herditrianto di Mataram.

Selain berdialog langsung dengan pengunjung pasar, imbauan diberikan melalui mobil pengeras suara. Ajakan dan imbauan terus disampaikan oleh petugas. Agar nantinya bisa dimengerti dan dijalankan oleh masyarakat.

‘’Imbauan ini sangat penting dijalankan untuk keselamatan kita bersama,’’ katanya.

Hanya saja saat turun langsung ke tiga pasar tradisional ini, petugas menemukan masih banyak pengunjung pasar yang tidak menggunakan masker. Kapolresta Mataram pun langsung membagikan masker kepada pengunjung pasar yang tidak menggunakan. Kepada pengunjung juga terus diingatkan untuk terus menjaga jarak dengan  menerapkan sosial distancing dan physical distancing.

‘’Masih ada pengunjung yang tidak mengindahkan protokol penanganan covid-19 dengan tidak menggunakan masker saat berbelanja di pasar. Ini akan terus kita ingatkan agar mematuhi protokol Covid-19,’’ kata Kapolresta Mataram. (red)

Link Banner