KORANNTB.com – Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal, mengatakan  pelaksanaan perayaan Hari Raya Idulfitri di Nusa Tenggara Barat (NTB), berjalan aman dan kondusif sesuai protokol penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Situasi kamtibmas NTB sampai dengan hari H Idulfitri dalam keadaan kondusif,” kata Kapolda, Minggu, 24 Mei 2020.

Dikatakan, berdasarkan laporan dari seluruh Kepolisian Resor (Polres) jajaran di 10 kabupaten/kota, dapat disimpulkan bahwa situasi dan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) aman dan terkendali, sesuai anjuran pemerintah.

“Mayoritas masyarakat NTB pada saat malam takbiran dan salat Idul Fitri mematuhi protokol Covid-19,” jelasnya.

Pun pada malam takbiran, lanjut Kapolda NTB, setelah melakukan Patroli Gabungan Blue Light Berskala Besar, Sabtu (23/5) malam, terpantau berjalan sesuai harapan. Di mana pada saat itu Kapolda NTB mengimbau kepada seluruh masyarakat, untuk mematuhi anjuran pemerintah terkait social distanching dan physical distanching, agar terhindar dari penularan Covid-19.

“Masyarakat melakukan takbiran di rumah masing-masing. Yang di masjid-masjid hanya dilakukan oleh marbot dan atau takmir masjid,” ucap Kapolda.

“Alhamdulillah, masyarakat dan semua elemen yang ada bisa mengerti, dan mengikuti anjuran dan himbauan,” imbuhnya.

Untuk diketahui, sekitar 5.000 personel Polri dari Polda NTB dan jajaran serta di backup 3.000 personel TNI, diterjunkan untuk mengamankan pelaksanaan malam takbiran dan pelaksanaan Sholat Idulfitri 1 Syawal 1441 H.

“Kegiatan Patroli Gabungan TNI-Polri malam hari, memberikan rasa aman dan nyaman saat merayakan malam takbiran dan mempersiapkan Salat Ied di rumah masing-masing,” tutur Irjen Pol M. Iqbal.

Karena itu, Kapolda NTB sangat mengapresiasi semua pihak baik dari unsur pemerintah, lembaga, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh pemuda di NTB yang telah bersama-sama turut serta menjaga stabilitas kamtibmas.

“Terima kasih kami sampaikan, semoga semua upaya yang telah kita lakukan mendatangkan manfaat. Taqabbalallahu minna waminkum, shiyâmana wa shiyâmakum wakullu ‘âmin wa anntum bikhaîr. Atas nama Kepolisian Negara Republik Indonesia, kami mengucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijriah,” ucapnya. (red)