KORANNTB.com – Angka kasus Covid-19 di Nusa Tenggara Barat pada Sabtu, 30 Mei 2020 bertambah menjadi 42 kasus.

Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas NTB, Lalu Gita Ariadi, mengatakan selain 42 kasus baru, ada tujuh sampel positif ulangan yang diambil di empat laboratorium kesehatan di NTB.

“Telah diperiksa di Laboratorium PCR RSUD Provinsi NTB, Laboratorium TCM RSUD Kota Mataram, Laboratorium PCR RS Unram, dan Laboratorium TCM RSUD H.L. Manambai Abdulkadir sebanyak 375 sampel dengan hasil 326 sampel negatif, tujuh sampel positif ulangan, dan 42 sampel kasus baru positif Covid-19,” katanya dalam keterangan pers.

Di antara 42 kasus baru tersebut, ada seorang bayi yang masih berusia enam hari positif Corona dan dua anak berusia empat tahun dan 14 tahun.

“Pasien nomor 617 berinisial B jenis kelamin perempuan dan berusia enam hari positif Corona,” katanya.

Pasien bayi tersebut merupakan pasien positif Corona akibat transmisi lokal. Belum diketahui riwayat bayi tersebut terpapar.

“Pasien penduduk Desa Merembu, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat. Pasien tidak pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit Covid-19. Riwayat kontak dengan orang sakit Covid-19 tidak pernah. Saat ini dirawat di RSUD Kota Mataram dengan kondisi baik,” ujarnya.

Sementara hari ini juga terdapat 12 pasien sembuh. Sehingga total pasien sembuh 291 orang.

“Dengan adanya tambahan 42 kasus baru terkonfirmasi positif, 12 tambahan sembuh baru, dan satu kasus kematian baru, maka jumlah pasien positif Covid-19 di Provinsi NTB sampai hari ini sebanyak 636 orang, dengan perincian 291 orang sudah sembuh, 11 meninggal dunia, serta 334 orang masih positif dan dalam keadaan baik,” ujarnya. (red)