KORANNTB.com – Staf Khusus Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Bidang Politik dan Media, Kastorius Sinaga, mengimbau dan mengajak seluruh lapisan masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Barat, khususnya di Kabupaten Lombok Tengah, untuk bersama-sama disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, guna mencegah penyebaran Virus COVID-19 di masyarakat.

“Peningkatan kesadaran masyarakat untuk semakin disiplin dalam menerapkan Protokol Kesehatan, harus menjadi perhatian khusus dari pemerintah daerah dan kelompok masyarakat, selain agar mencegah penularan wabah penyakit tersebut, juga dapat membantu mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat di suatu daerah yang semakin lesu akibat adanya pandemi ini,” katanya.

Hal tersebut dikatakan Kastorius Sinaga pada Kegiatan Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Covid-19 dan Pembagian Masker kepada Masyarakat, sebagai bentuk dukungan ormas asing mitra Kemendagri dalam mensukseskan Program Gebrak Masker yang diinisiasi oleh Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pusat, yang dipimpin oleh Ibu Tri Tito Karnavian, yang diselenggarakan di Kecamatan Batu Layar, Rabu (23/09/2020).

Kastorius menambahkan Pemerintah selalu mensosialisasikan Penerapan Kebiasaan Baru (new normal) kepada masyarakat, yang diharapkan agar masyarakat dapat beradaptasi dengan pola kebiasaan baru tersebut.

“Pemerintah mengharapkan agar pemerintah daerah selalu mensosialisasikan pola-pola kebiasaan hidup baru (new normal) kepada masyarakat. Kemendagri telah mengeluarkan beberapa Surat Edaran kepada Kepala Daerah yaitu mengenai Optimalisasi Pelaksanaan Penerapan Protokol Kesehatan Penanganan Covid-19 di Seluruh Indonesia, Pembentukan Satgas Penanganan Covid-19 di Daerah, dan Penyampaian Kegiatan Pendisiplinan Protokol Kesehatan,” ujarnya.

Acara yang dihadiri oleh Plt. Sekda Lombok Tengah, Camat Batukliang Utara dan unsur Muspika, juga dilakukan pembagian sejumlah 5.000 masker secara simbolis kepada beberapa perwakilan unsur masyarakat di Kecamatan Batukliang Utara, serta dibagikan langsung kepada masyarakat secara door to door, di Desa Aik Berik.

Pembagian masker ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran penggunaan masker di masyarakat, sebagai bagian dari protokol kesehatan.

Selain melakukan kegiatan Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Covid-19 dan Pembagian Masker kepada masyarakat, Tim Kemendagri juga mengunjungi mengunjungi desa yang menjadi wilayah dampingan Ford Foundation dalam melakukan pemberdayaan ekonomi bagi perempuan di sektor kopi dan hasil olahan hutan.

“Hal ini kami lakukan sebagai bentuk monitoring pelaksanaan kerja sama antara Kemendagri dengan Ford Foundation, guna mengukur kemanfaatan pelaksanaan program kerja sama dalam meningkatkan taraf kehidupan masyarakat,” ujar Kastorius.

Kegiatan Tim Kemendagri di Lombok Tengah merupakan bentuk kolaborasi Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah, dan mitra pembangunan asing, yaitu Ford Foundation.

“Permasalahan dan tantangan bangsa yang begitu besar tidak mungkin dapat diselesaikan secara parsial, atau sendiri-sendiri, juga tidak mungkin oleh pemerintah sendiri, untuk itu pemerintah selalu mengikutsertakan berbagai pihak dalam membantu menghadapi situasi pandemi Covid-19 di masyarakat,” tambahnya. (red)

Foto: Penandatanganan berita acara penyerahan masker oleh perwakilan Four Foundation dan Stafsus Mendagri kepada camat BKU