KORANNTB.com – Aksi penolakan Undang-undang Cipta Kerja digelar di hampir semua daerah di Indonesia. Tidak terkecuali Mataram, Nusa Tenggara Barat, aksi mahasiswa digelar di depan Kantor DPRD NTB, Kamis, 8 Oktober 2020.

Saat para orator aksi memekikan suara melalui pengeras suara menyuarakan tuntutan, uniknya beberapa mahasiswa terlihat sedang fokus mengerjakan ujian tengah semester atau UTS di pinggir jalan.

Pantauan Viva.co.id di Jalan Udayana, ribuan massa membanjiri jalanan. Namun ada yang unik di pinggir jalan depan DPRD NTB, sekelompok mahasiswa terlihat sedang fokus menulis yang diduga adalah ujian mereka.

Tampak beberapa mahasiswa fokus membaca soal dan mulai menulis di bawah pohon. Beberapa di antaranya menulis beralaskan jok motor mereka.

Bahkan sebuah akun Twitter bernama “sukanya telor gulung” membagikan video yang memperlihatkan seorang mahasiswa sedang sibuk menulis pada sebuah kertas di atas motor. Akun tersebut menyebut mahasiswa tengah fokus mengerjakan UTS di tengah aksi demo.

https://twitter.com/ikik_uwais/status/1314163610499772418?s=21

Seorang mahasiswa Universitas Mataram, Faizi mengatakan UTS saat pandemi sekarang memang tidak dilakukan secara tatap muka. Ujian biasanya digelar secara online atau dengar mengerjakan tugas yang akan dikumpulkan dalam tempo terbatas.

“Memang ujian sekarang dilakukan ada yang secara online, ada juga yang diberikan tugas online kemudian dikumpulkan ke dosen dengan deadline tertentu,” katanya. (red)