KORANNTB.com – Lima wisatawan lokal tersesat di Air Terjun Deswa Marente Kecamatan Alas, Sumbawa. Kelimanya tersesat sejak Minggu, 18 Oktober 2020.

Kejadian bermula pada Minggu kemarin. Sebanyak 15 orang pergi ke air terjun. Saat pulang, sepuluh wisatawan memilih melalui jalur yang sama saat mereka datang, sementara lima orang memilih jalur berbeda.

Namun jalur yang dipilih lima wisatawan tersebut adalah jalur buntu. Akibatnya mereka tersesat.

“Kami berangkatkan personil dari Pos SAR Sumbawa untuk melakukan pencarian bersama potensi SAR,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram, Nanang Sigit PH, Senin, 19 Oktober 2020.

Beruntung beberapa jam dilakukan pencarian, Tim SAR dibantu warga menemukan tanda asap. Petugas kemudian mengikuti asap tersebut, dan benar saja asap tersebut bersumber dari lima wisatawan. Para wisatawan sengaja membakar untuk memberikan tanda pertolongan.

“Setelah dilakukan pencarian selama beberapa jam, kelima korban berhasil ditemukan dengan selamat sekitar pukul 23.40 Wita oleh warga setempat dengan mengikuti asap yang bersumber dari api yang mereka buat. Setelah berhasil dievakuasi oleh Tim SAR gabungan, selanjutnya langsung diserahkan ke pihak keluarga,” imbuhnya. (red)