Mantap, TNI Turun Tangan Hijaukan Sembalun

KORANNTB.com – Musim hujan kali ini dimanfaatkan personel Koramil 1615-10/Sembalun bersama anggota Kehutanan Resort Sembalun dan Polsek Sembalun untuk melakukan penghijauan di sekitar Bukit Anak Dara dan Bukit Selong, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Selasa, 12 Januari 2021.

Menurut Danramil Sembalun Kapten Inf Muslim, penanaman ribuan bibit pohon dengan jenis matoa, jati putih, kayu putih dan beringin sengaja dilakukan karena sebelumnya di dua bukit tersebut baru-baru ini pernah mengalami kebakaran.

“Sekitar bulan November lalu, dua bukit ini mengalami kebakaran hutan, kebetulan sekarang musim hujan bagus untuk melakukan reboisasi,” ujar Muslim.

Terpisah, Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Agus Prihanto Donny, di sela-sela kesibukannya dalam penyiapan Kunker Pangdam IX/Udayana di Makodim memberikan apresiasi langkah positif yang dilakukan Forkopimca Sembalun bersama pihak kehutanan melakukan penghijauan disekitar bukit yang pernah terbakar karena kekeringan.

Hal itu dilakukan kata Dandim, sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi terjadinya tanah longsor ataupun banjir pada tahun-tahun berikutnya khususnya di daerah Sembalun.

“Nama Sembalun sebagai daerah destinasi wisata sudah mulai dikenal masyarakat luas, tidak hanya NTB tapi juga secara nasional sudah mulai dilirik oleh wisatawan. Untuk itu harus ditata kembali agar lebih indah, nyaman dan enak untuk dikunjungi,” papar Agus Donny.

Mantan Prajurit Korp Baret Merah itu juga berharap agar kedepan Sembalun menjadi destinasi yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara sehingga dapat memberikan kontribusi positif kepada daerah dan masyarakat Sembalun khususnya dalam peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. (red)