Infrastruktur Adalah Hak Segala Bangsa

Oleh: Putri Intan
Mahasiswa Semester VI Ilmu Pemerintahan, IISBUD SAREA

KORANNTB.com – Infrastruktur adalah semua fasilitas yang diperlukan oleh masyarakat umum untuk mendukung berbagai kegiatan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, infrastuktur merupakan semua fasilitas, baik fisik maupun non fisik yang dibangun oleh pemerintah maupun perorangan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dalam berbagai sendi kehidupan sosial dan masyarakat.

Jenis-Jenis Infrastruktur

Mengacu pada pengertian infrastruktur, ada beberapa jenis infrastruktur yang dirancang agar mampu melayani masyarakat. Beberapa jenis infrastruktur adalah sebagai berikut:

1. Infrastruktur Keras

Infrastruktur keras merupakan infrastruktur yang berkaitan dengan pembangunan fasilitas umum yang wujudnya fisik, seperti misalnya jalan raya, jembatan, jalur kereta api, bandara, pelabuhan,dll.

2. Infrastruktur Keras Non-Fisik

Infrastruktur Keras Non-Fisik dapat diartikan sebagai infrastruktur yang berhubungan dengn fungsi utilitas publik, seperti pengadaan air bersih, penyediaan pasokan listrik, jaringan komunikasi, serta pasokan energi.

3. Infrastruktur Lunak

Infrastruktur lunak adalah jenis infrastruktur yang berkaitan dengan sistem, nilai, norma, peraturan, serta pelayanan publik. Contoh dari infrastruktur ini antara lain:
• Etika kerja
• Peraturan lalu lintas
• Pelayanan publik
• Undang-undang hukum yang berkaitan dengan perdagangan, pernikahan, dan lain sebagainya.

Bahwa infrastruktur sangat penting dalam kehidupan masyarakat di mana infrastruktur menjadi sarana yang mampu memudahkan dan melayani masyarakat namun pada kenyataannya masih banyak daerah daerah di Indonesia yang minim akan infrastrukturnya seperti yang ada di daerah kita Sumbawa.

Masih banyak daerah di Kabupaten Sumbawa yang begitu minim akan infrastrukturnya baik infrastruktur keras, non fisik maupun lunak.
Padahal infrastruktur adalah faktor untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat bukan hanya didaerah namun jalan jalan utama lintas kota dan desa pun masih banyak yang rusak dan belum ada proses perbaikan yang di mana jalan jalan tersebut menjadi sarana utama masyarakat untuk beraktivitas seperti juga kita ketahui banyak kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh jalan yang rusak kemudian terjadinya luapan air saluran serta jalan- jalan yang berlubang yang setiap musim hujan akan tergenang air merupakan masalah yang banyak sekali terjadi di kabupaten Sumbawa.

BACA:  Demokrasi dalam Ancaman Oligarki

Kemudian bukan hanya jalan tapi pelayanan publik serta air bersih, jaringan listrik dan komunikasi masih tergolong minim. Banyak masyarakat yang mengeluh dan hidup dengan banyaknya kekurangan infrastruktur sehingga taraf hidup serta kesejahteraan mereka menjadi kecil atau rendah.

Pemerataan infrastruktur menjadi harapan bagi masyarakat untuk memudahkan segala pekerjaan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Pemerintah diharapkan mampu memperhatikan dan merencanakan untuk pembangunan infrastruktur di daerah daerah yang memang membutuhkan sehingga dengan adanya infrastruktur yang memadai dan cukup mampu untuk membentuk masyarakat yang kreatif, mampu berkembang dan ikut meningkatkan perekonomian daerah sehingga kesejahteraan yang selama ini belum mampu tercukupi bisa segera tercukupi dan terpenuhi.

Hal yang paling penting bagaimana masyarakat juga bisa bekerja sama dalam menjaga serta merawat infrastruktur yang sudah ada sehinggap pemerintah tidak perlu bekerja dua kali untuk membangun infrastruktur yang sudah ada itu. (red)