KORANNTB.com – Lebaran Topat (ketupat) jatuh pada Kamis, 20 Mei 2021. Warga Lombok, Nusa Tenggara Barat, memanfaatkan Lebaran Topat untuk berziarah ke makam atau berlibur ke pantai.

Jelang Lebaran Topat ini, Pelabuhan Poto Tano di Sumbawa mengalami lonjakan volume kendaraan. Rata-rata masyarakat akan ke Lombok untuk berlebaran.

Polres Sumbawa Barat turun tangan menertibkan kendaraan guna menghindari kemacetan. Bahkan polisi dibuat kewalahan hingga mendatangkan BKO atau bantuan aparat kepolisian.

“Terjadinya antrean panjang tersebut sehingga dari KP3 Poto Tano meminta bantuan penambahan BKO personil mengingat jumlah personil Polsek kawasan pelabuhan yang terbatas,” kata Paur Subbag Humas Polres Sumbawa Barat, IPDA Eddy Sobandi, Selasa, 18 Mei 2021.

Lebaran Topat jatuh setiap satu pekan setelah Idul Fitri. Pergerakan kendaraan di Pelabuhan Poto Tano terus meningkat sejak kemarin hingga saat ini. Bahkan, diprediksi lonjakan penumpang akan terus meningkat.

“Tidak menutup kemungkinan penumpukan serta bertambahnya jumlah volume kendaraan yang akan terus meningkat,” katanya.

Pihak kepolisian telah melakukan koordinasi dengan jasa penyeberangan agar melakukan pembatasan jumlah kendaraan serta penumpang yang masuk ke armada Ferry sesuai dengan SOP dan Prokes Covid-19 agar tidak terjadi kerumunan. (red)