KORANNTB.com – Dermaga I Pelabuhan Lembar, Lombok Barat ditutup sementara hingga saat ini. Itu menyusul terjadinya kecelakaan kapal menabrak dermaga pada Rabu, 2 Juni 2021.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar, Iptu I Made Dharma, mengatakan Dermaga I Lembar masih ditutup hingga Jumat, 4 Juni 2021.

Meskipun demikian, pelabuhan masih melakukan penyebaran pada pintu masuk lainnya.

“Menunggu proses perbaikan selesai, oleh pihak tekait, namun dipastikan tidak sampai mengganggu arus penyeberangan di Pelabuhan Lembar,” ujarnya, Jumat, 4 Juni 2021.

Masyarakat dilarang mendekati pelabuhan yang telah diberikan garis polisi.

“Sebagai peringatan agar pengguna jasa tidak mendekati lokasi, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, dan tetap dilakukan penjagaan,” ujarnya.

Terkait insiden ini, proses bongkar muat di Pelabuhan Penyeberangan Lembar dipastikan masih berjalan normal, dan dipastikan dermaga lainnya masih bisa menampung proses bongkar muat ini.

“Pelabuhan Penyeberangan Lembar memiliki tiga dermaga dan satu Dermaga darurat yang dapat digunakan pada situasi tertentu,” katanya.

Sebelumnya, sebuah kapal Ferry akan sandar di dermaga dalam kondisi maju dengan pelan, karena saat itu sedang passing dengan kapal lainnya.

“Tiba-tiba mesin kanan tidak bisa distop, dan tidak bisa dimundurkan, mengakibatkan kapal maju terus sehingga menabrak MB I,” ujarnya.

Akibat peristiwa tersebut pender, cawalk, MB, dan tiang hidrolik MB mengalami kerusakan.

“Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam insiden ini, hanya dua unit kendaraan truk sedang mengalami rusak ringan bagian depan, dan sedang diselesaikan dengan pihak tekait,” ujarnya. (red)