KORANNTB.com – Gubernur NTB,  Zulkieflimansyah membantu Alzi Anggata, bocah malang asal Lombok Tengah yang mengalami pembengkakan perut. Bantuan tanggap cepat untuk meringankan biaya pengobatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Praya.

Gubernur melalui Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi NTB dan kabupaten mengunjungi bocah tersebut, Rabu malam, 23 Juni 2021.

Aksi tanggap kondisi sosial yang terekspose di media sosial (medsos) adalah bahagian ikhtiar pemerintah, baik provinsi dan kabupaten/kota.

Pun, tanggap isu medsos dan tindaklanjut respon realisasi, adalah harapan masyarakat, salah satunya memberikan bantuan untuk meringankan beban keluarga yang merasa membutuhkan.

Seperti bantuan yang diberikan kepada Alzi Anggata (4) anak dari pasangan suami istri (pasutri), Iwan Firman Wahyudi (26) dan Iis Dahlia (20) asal Dusun Sendong, Desa Beram Kecamatan Praya Tengah Kabupate Lombok tengah.

Bocah malang tersebut mengalami pembengkakan perut sejak dua tahun terakhir. Oleh orang tuanya pernah diupayakan pengobatan tradisional, namun kurang membuahkan hasil. Kemudian orang tuanya  membawa ke RSUD Praya untuk mendapatkan perawatan medis secara serius.

Meski ada BPJS Kesehatan dari Pemerintah, orang tuanya mengalami kekuarangan biaya lain untuk kebutuhan selama perawatan anaknya. Karena kedua orang tuanya bukan keluarga yang memiliki pendapatan tetap atau berpenghasilan rendah.

Belakangan, kabar medsos tentang kondisi anak tersebut ditanggap bang Zul sapaan Gubernur NTB. Kemudian dikerahkan ke Dinsos NTB untuk menindaklanjut di lapangan, yakni aksi asesment dan penyerahan bantuan langsung.

Dinsos NTB dan Dinsos Kabupaten Lombok Tengah, dengan pilar sosial berkolaborasi memberikan dukungan sosial dengan mengerahka pilar Sosial PKH di lapangan. Bantuan Gubernur NTB akhirnya diserahkan kepada keluarganya di RSUD Praya.

“Semoga anada Alzi lekas sembuh seperti sedia kala, dan saya minta agar Dinas Sosial menguruskan juga bantuan bagi keluarga ini ke Baznas Provinsi,” kata Gubernur NTB.

Sebagai orang tua, Iwan Firman Wahyudi menerima bantuan Gubernur NTB dengan penuh terharu yang di saksikan oleh keluarga lainnya. Bantuan diserahkan oleh Staf Dinsos NTB.

“Terimakasih Pak Gubernur. Semoga mendapat balasan yang setimpal atas kebaikan ini,” ujar Iwan singkat.

Untuk diketahui, bocah malang tersebut merupakan anak dari Youtuber Lombok Yudi Anggata yang sempat viral menikah bermahar sandal jepit. Bocah tersebut merupakan anak dari istri pertama Yudi. (red)