KORANNTB.com – MotoGP yang rencananya akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok pada Maret 2022, menjadi momen untuk pekerja lokal dapat mengambil peran.

Kadisnakertrans NTB, I Gede Putu Aryadi, menegaskan masyarakat NTB tidak boleh menjadi penonton di rumah sendiri.

“Jangan sampai masyarakat lokal hanya jadi penonton,” katanya di Balawista Kuta, Lombok, Rabu, 15 Desember 2021.

Aryadi meminta calon pekerja lokal menjadi pelaku utama dalam event internasional tersebut. Sehingga harus menyiapkan diri.

“Skill apa yang dibutuhkan supaya bisa disiapkan dari sekarang, terlebih bulan Februari event  pra musim siap di gelar,” ujarnya.

Sehingga, dalam waktu singkat lembaga pendidikan dan pelatihan kerja dapat mempersiapkan SDM tersebut.

“Kolaborasi sangat dibutuhkan. Tidak ada keberhasilan tanpa kerjasama yang baik. Kami lakukan langkah ini, ingin supaya NTB bisa menjadi tuan rumah yang baik,” katanya.

Informasi yang diserap, proyeksi kebutuhan tenaga kerja di KEK Mandalika dalam jangka menengah mencapai sekitar 21 ribu pekerja. Itu belum termasuk kebutuhan tenaga kerja di luar Kawasan.

“Kalau tidak siapkan dari awal, maka akan ketinggalan momentum, itulah pentingnya koordinasi dengan ITDC,” ungkapnya.

APV Site Operation The Mandalika, I Made Pari Wijaya menyebutkan bahwa seiring dengan pertumbuhan jumlah penginapan di KEK Mandalika, secara bertahap akan membutuhkan jumlah tenaga kerja hingga mencapai 21 ribu.

Dari 21 ribu orang tersebut, jika dirinci menurut jabatan, kata Pari Wijaya maka jabatan atau skill yang paling banyak dibutuhkan adalah housekeeping sebanyak 17%. Kemudian security dan FB service masing-masing 16%, kitchen 15%, engineering 10%, dan front office 9%.

Ia sependapat bahwa SDM tersebut perlu dipersiapkan dari awal. Karena  menurutnya mulai tanggal 11-13 Februari 2022 sudah ada event pramusim MotoGP.

Kemudian bulan Maret, ada Festival Pesona Bau Nyale, tanggal 18-20 Maret 2022, MotoGP Mandalika Round, bulan Agustus ada event HK Endurance Challenge Mandalika Series, selanjutnya September 2022, ada Mandalika Ultra 100, tanggal 11-14 November 2022, event IATC, dan tanggal 19-21 November 2022 event World Superbike (WSBK).

“Untuk event MotoGP, penontonnya sekitar 75 ribu orang, ini di dalam tribun, belum di luar tribun. Sehingga kami butuh tenaga kerja terlatih, keberadaan FKLPID ini akan membantu kami menyiapkan tenaga kerja terlatih dan terampil,” katanya.

Pari menambahkan, berkaca dari event WSBK November kemarin, ada empat aspek yang bisa mendapatkan dampak positif event tersebut seperti, penginapan, kuliner, transportasi dan marching design.

“Ada masukan dari pihak Dorna supaya karya masyarakat ada kombinasi, bukan hanya cetak aja, melainkan ada juga lukisan dan lain sebagainya,” kata Pari.

“ITDC siap berkolaborasi menyiapkan pekerja yang sesuai SDM dibutuhkan, dilengkapi keahlian,” ujarnya. (red)