KORANNTB.com – Kapolda NTB Irjen Pol Muhammad Iqbal, silaturahim bersama Pemda dan tokoh masyarakat di Pulau Sumbawa, di akhir masa jabatan, Kamis, 23 Desember 2021.

Silaturahim berlangsung di Ruang Rapat Utama Kantor Pemkab Bima,  Kabupaten Bima.

Selain tokoh masyarakat dan tokoh agama, silaturahim Kapolda NTB, dihadiri Bupati Bima, Walikota Bima, Bupati Dompu, Ketua DPRD seluruh Pulau Sumbawa, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda)  Pulau Sumbawa.

Bupati Bima Indah Damayanti Putri di pengantarnya sebagai tuan rumah, mengapresiasi dan berterima kasih atas dukungan Kapolda yang begitu besar terhadap warga Pulau Sumbawa, meski acap terjadi dinamika.

Indah mewakili masyarakat Pulau Sumbawa pada umumnya Bima pada khususnya, merasa kehilangan seorang jenderal yang begitu luar biasa, tokoh panutan masyarakat NTB.

“Kami merasa kehilangan seorang sosok dan tokoh yang begitu humanis. Selamat jalan Pak Jenderal, doa tulus dari kami menyertai Pak Jenderal. Selamat bertugas di tempat baru ini,” ujarnya.

Bupati Sumbawa Mahmud Abdulah, juga merasa kehilangan seorang tokoh penting, seorang jenderal panutan yang dikenal dekat dengan semua kalangan.

Bupati Dompu Abdul Kadir Jaelani dalam sambutannya juga mengaku sangat kehilangan sosok Kapolda yang humanis, tegas dan penuh cinta.

“Kami berdoa Kapolda kita segera dipromosi menjadi jenderal penuh,” ujarnya.

Hal serupa juga diungkapkan Walikota Bima HM Lutfi. Dia mengatakan Irjen Iqbal selalu bersinergi dengan tokoh masyarakat di NTB.

Kapolda NTB Irjen Pol M Iqbal, terlihat terharu dan begitu tersanjung. Meski begitu dirinya menggarisbawahi, setiap sanjungan mesti disimpan dikantongi rapi dan tidak menjadi sebuah kesombongan.

Dinamika selama bertugas kata Jenderal Bintang Dua ini, terutama yang terjadi di Bima dan daerah lainnya, tetapi dijalani secara tulus dan ikhlas, sebagai tugas dan kewajiban yang mesti di emban.

“Dinamika ini berkah. Indonesia yang beragam dan mesti kita bijak sebagai keberagaman atas nama budaya dan istiadat,” katanya.

Masyarakat NTB kata Kapolda, patut berbangga hati. Dari sisi keberhasilan penanganan Covid-19, NTB masuk 5 besar nasional terbaik.

“Karateristik wilayah Pulau Sumbawa, adalah warna tersendiri yang mesti dipahami sebagai ciri khas sebuah daerah. Tentu dalam manajemen perlu bijak dan bersinergi dengan semua komponen,” ujarnya.

“Saya tidak pernah tidak nyenyak senyenyak tidur di NTB. Begitu nyaman dan tenteram serta damai,” kata Iqbal. (red)