KORANNTB.com – Talenta sepakbola terbaik Bumi Gora harus bersiap-siap. Lombok Football Club (LFC) secara resmi membuka rekrutmen pemain untuk menghadapi Liga 3 tahun 2022. Rekrutmen dibuka mulai hari Senin, 27 Desember 2021 dan akan berlangsung hingga 10 Januari 2022.

“Kami mencari talenta sepakbola terbaik dari seluruh wilayah NTB, baik Lombok maupun Sumbawa,” kata Juru Bicara LFC Rannya Agustyra Kristiono, di Mataram, Senin, 27 Desember 2021.

Rannya mengatakan, seluruh pemain yang lolos seleksi akan menjalani training center selama enam bulan di markas baru LFC. Nantinya, proses seleksi ini akan melibatkan 5 legenda sepakbola NTB 5 dari tim pelatih dan manajemen LFC. Adapun tim manajemen yang terlibat yakni Direktur Teknik dan Direktur Operasi LFC.

Secara khusus, juga kata Rannya, untuk menganalisis kemampuan fisik, skill, dan intelegensia para pemain, akan terlibat pula akademisi olahraga dari Universitas Pendidikan Mandalika (Undikma). Analisis tersebut akan dilakukan melalui pengujian di Laboratorium Olahraga milik Undikma.

“Sesuai dengan regulasi PSSI, kami mencari 33 pemain dari NTB. Manakala kuota ini tidak mampu dipenuhi dari NTB, baru LFC akan menyiapkan opsi lain untuk mendatangkan pemain dari luar NTB,” katanya.

Segera setelah pendaftaran ditutup  pada 10 Januari, kemudian tim seleksi akan mulai bekerja hingga 10 Februari. Setelah itu, pemain yang lolos seleksi akan menjalani Training Center (TC) selama enam bulan. Selama proses TC tersebut, seluruh pemain akan mendapat gaji bulanan. Mereka juga akan tinggal di mess milik LFC dan memastikan asupan makanan para pemain tetap terjaga untuk menopang performa di lapangan.

“Para pemain juga akan mendapatkan asuransi kesehatan, beasiswa, dan dukungan seluruh peralatan dan perlengkapan mulai dari jersey, kostum latihan, sepatu, training pack, dan transportasi,” kata Rannya.

Dara yang masih menempuh pendidikan di Brunell University, London, Inggris ini mengungkapkan, LFC mencari pemain dengan usia 20 hingga 30 tahun. Para pemain tersebut mesti memiliki fisik dan mental yang kuat, kemampuan bermain bola secara teknik dan taktik yang masih berkembang, serta memiliki pula loyalitas terhadap klub.

Saat ini, para skuad LFC yang berlaga di Liga 3 tahun 2021, seiring dengan telah tuntasnya fase penyisihan grup, telah kembali ke kampung halamannya masing-masing. Seluruhnya telah mendapatkan gaji, bonus, maupun biaya transportasi dari manajemen LFC.

Khusus para pemain lama, kata Rannya, akan kembali diundang untuk mengikuti proses seleksi pada saat yang sama. Sehingga, mereka juga telah diminta untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

Presiden LFC Bambang Kristiono (HBK) mengatakan, sesuai evaluasi yang telah dilakukan, manajemen LFC membutuhkan persiapan lebih awal untuk menghadapi Liga 3 tahun depan. Jika tak ada aral melintang, Liga 3 NTB 2022 akan mulai digelar pada bulan Agustus atau September tahun depan.

Sehingga LFC memiliki waktu lebih dari cukup untuk menggelar Training Center (TC) selama 6 bulan bagi pemain yang telah dinyatakan lulus seleksi.

“Selama Training Center, selain penguasaan taktik dan teknik bermain bola, LFC juga akan menggelar berbagai laga persahabatan dengan sejumlah klub dan juga laga internal,” kata HBK.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI ini menekankan, mengikuti Liga 3 di musim pertama tahun 2021 ini telah memberi banyak pengalaman berharga. Bahwa Training Center selama 2 bulan yang telah dilakukan sebelumnya, tidak cukup untuk menyiapkan dan mematangkan skuad yang mumpuni.

“Masukan dari para legenda sepakbola dan para praktisi sepakbola, Training Center idealnya memang harus dilakukan paling tidak selama 6 bulan,” kata HBK.

Sisi lain, politisi Partai Gerindra ini menekankan, LFC ingin menjadi rumah bagi talenta-talenta sepakbola terbaik di NTB. Sehingga, proses seleksi pemain hingga 10 Januari 2022 mendatang, dipriortaskan untuk bakat-bakat sepakbola terbaik dari Bumi Gora.

Rekrutmen pemain ini lebih awal digelar LFC selain untuk menunjukkan komitmen kuat sebagai klub sepakbola profesional di NTB, juga bagian dari ikhtiar untuk benar-benar mempersiapkan diri secara serius menghadapi Liga 3 musim depan.

“LFC menyadari sepenuhnya bahwa tidak ada jalan pintas untuk meraih prestasi. Rekrutmen yang benar dan Training Center yang terencana dengan baik adalah cara yang paling ideal bagi LFC untuk menunjukkan komitmen kuatnya bagi pengembangan industri sepakbola di Bumi Gora,” ujar HBK. (red)