KORANNTB.com – Kedatangan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, disambut dengan pemberian gelar ‘Prawireng Jayeng Bhuwane’ oleh tokoh adat setempat, Senin, 21 Februari 2022.

Prawireng Jayeng Bhuwane merupakan gelar tertinggi bagi masyarakat Sasak terhadap tokoh atau figur yang dinilai memiliki keteladanan. Apalagi, Jenderal Dudung dinilai sebagi sosok yang mampu mempertahankan NKRI dan menegakkan kedaulatan negara.

Jenderal Dudung datang disambut langsung Gubernur NTB Zulkieflimansyah. Penganugerahan gelar diberikan Ketua Adat Sasak  Lalu Wiratmaja atau familiar disapa Mamik Ngoh.

“Kami ucapkan selamat datang di NTB Pak Jenderal Dudung, semoga membawa keberkahan bagi kita semua,” kata Gubernur NTB.

Untuk diketahui, sudah menjadi tradisi masyarakat Sasak bahwa setiap menerima kunjungan tamu kehormatan selalu digelar penyambutan dengan diiringi tarian Gendang Beleq dan penganugerahan gelar Adat Sasak kepada beberapa tamu kehormatan, termasuk KSAD Dudung Abdurahman yang menggantikan Andika Perkasa.

Jenderal Dudung mengungkapkan rasa terharu dan bangga atas kepercayaan dari Majelis Adat Sasak yang memberikan gelar tersebut.

“Saya baru datang di Lombok hari ini dan diberikan gelar kehormatan. Ini merupakan kebanggaan dan saya akan berbuat sebaik-baiknya untuk kemajuan wilayah NTB,” kata Dudung.

Penganugerahan gelar tersebut, ditandai dengan penyerahan sebilah keris Sasak dan piagam dari Majelis Adat Sasak oleh Ketua Adat Sasak kepada KSAD Dudung Abdurachman. (red)