Sandiaga Uno: MotoGP Jadi Momentum Kebangkitan UMKM Lokal

KORANNTB.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, mengatakan selama tiga hari pergelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, jadi momentum kebangkitan UMKM.

“MotoGP Mandalika 2022 harus memberikan dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, khususnya bagi UMKM lokal,” kata Sandiaga, di Sirkuit Mandalika, Sabtu, 19 Maret 2022.

Sandiaga berharap kehadiran Kemenparekraf dapat membantu menjadi penggerak dan memberdayakan UMKM lokal.

“Kita harus pastikan MotoGP ini membawa optimisme kebangkitan, dan kita terus rawat momentum dari kepulihan ekonomi kita,” ujarnya.

Dia berharap momen MotoGP dapat melahirkan inovasi bagi UMKM untuk produk mereka. Sehingga penonton dapat membeli produk yang berkualitas.

“Kita harus dapat menghadirkan produk-produk berkualitas yang tentunya bisa menjadi momentum kebangkitan ekonomi kita,” kata Sandiaga.

Saat penonton tiba di Lombok, mereka telah disuguhkan produk UMKM lokal berupa kerajinan dan kesenian.

Area terminal kedatangan Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid juga telah dilaksanakan event kesenian berupa pertunjukan budaya atau culturale performance berupa tarian yang ikonis. Di antaranya Tari Amak Temengus dan Tari Belancaran dari Desa Wisata Dusun Sade, serta Tari Gendang Beleq dari Desa Wisata Kopang Rembiga.

Wisatawan juga dapat melihat langsung keahlian para pengrajin kain tenun dari Dusun Sade di bandara. Juga banyak aneka kerajinan khas Lombok.

Terdapat 300 produk yang terdiri dari subsektor fesyen, kriya, dan kuliner dalam Planogram Goes to Mandalika. (red)

BACA:  Viral Kerbau Masuk Sirkuit Mandalika, Netizen Heboh!