Suhu Malam Hari Sangat Dingin di NTB, Ini Penyebabnya

KORANNTB.com – Suhu udara di Nusa Tenggara Barat (NTB) sangat dingin terutama di malam hari. Sejak awal Juli 2022, suhu cukup dingin terasa di Pulau Lombok dan Sumbawa.

Penyebab suhu dingin di NTB, karena saat ini di Australia sedang masuk musim salju. Angin dari Australia kemudian membawa suhu dingin hingga ke NTB.

Musim dingin di Australia akan berlangsung mulai Juli hingga Agustus nanti. Pergerakan angin dari Australia ke Indonesia membawa suhu yang cukup dingin di malam hari.

“Karena pada bulan Juli dan Agustus, Australia memasuki musim dingin, nah angin dingin kering itu akan datang menuju Asia,” kata Prakirawan Iklim BMKG Stasiun Klimatologi Lombok Barat, Afriyas Ulfah.

Selain itu, faktor saat ini NTB memasuki musim kemarau. Musim kemarau mengakibatkan berkurangnya awan, sehingga udara memantul langsung ke permukaan bumi tanpa terhalangi awan.

Awan diibaratkan menjadi selimut terhadap permukaan bumi. Jika awan tidak ada, baik suhu panas maupun dingin akan langsung ke permukaan bumi tanpa terhalangi awan. (red)

BACA:  Jokowi Minta BMKG Jujur Soal Potensi Gempa Besar