KORANNTB.com – Bayi kembar empat lahir dengan selamat melalui operasi sesar di RSUD Provinsi NTB, Rabu, 7 September 2022 sekitar pukul 08.30 WITA.

Keempat bayi kembar tersebut merupakan buah hati dari pasangan M. Umar (35 tahun) dan Siti Nursiah (35 tahun) ini berjenis kelamin laki-laki.

Lega, itulah yang dirasakan Umar setelah mengetahui bayinya lahir dengan selamat. Keempat bayi kembar ini merupakan putra ketiga pasangan petani yang berasal dari Kelurahan Kaboro, Kecamatan Labita, Kabupaten Bima. Sebelumnya, pasangan ini telah memiliki seorang putra yg berusia 10 tahun dan seorang putri yang berusia 3 tahun.

Menurut dr. Agus Rusdhy H. Hamid, Sp.OG (K), MARS, dokter spesialis obstetri ginekologi konsultan fetomaternal RSUD Provinsi NTB yang mengepalai tim bedah pada operasi sesar tersebut, kelahiran bayi kembar empat ini merupakan yang pertama di RSUD Provinsi NTB.

“Ibu bayi merupakan pasien rujukan dari Bima, dan operasi dilakukan dalam umur kehamilan 28/29 minggu. Alhamdulillah operasi berjalan lancar, kurang lebih sekitar 45 menit. Ibu bayi dalam kondisi stabil,” kata Rusdhy.

Kelahiran bayi kembar empat yg pertama kali di RSUD Provinsi NTB  ini mendapat atensi penuh dari Direktur RSUD Provinsi NTB, dr Herman Mahaputra atau biasa disapa Dokter Jack.

“Kelahiran ini dipersiapkan dengan matang, di mana sejak awal kedatangan, kondisi ibu dan janin terus dipantau oleh pihak RS. Ini termasuk kasus yang unik, karena kehamilan bayi kembar empat ini terjadi melalui proses pembuahan yang normal, bukan pembuahan buatan atau melalui proses bayi tabung,” katanya.

Diketahui bayi I lahir dengan berat badan 1350 gram, bayi II dengan BB 1370 gram, bayi III dengan BB 1100 gr dan bayi keempat lahir dengan BB 1195 gr. Keempat bayi yang lahir berselang 1 menit tersebut, saat ini mendapat perawatan intensif di ruang NICU RSUD Provinsi NTB, ditangani oleh dr I Ketut Adi Wirawan dan tim. (red)