KORANNTB.com – Dengan modal berbakat menggambar, seorang wanita asal Mataram, Asbety Sasaki Puteri kini menjadi desainer fashion yang mampu tembus ke pasar internasional.

Puteri merupakan Founder Jaleela yang menghasilkan produk busana yang kini banyak diminati pasar mancanegara.

Kiprahnya di dunia fashion, membuat dia mendirikan bisnis fashion sendiri pada 2017. Uniknya, puluhan pekerjanya merupakan ibu-ibu rumah tangga yang memiliki pemahaman menjahit. Pekerjaannya kemudian dilatih meningkatkan keterampilan menjahit.

Puteri memiliki latar belakang seorang arsitek. Dia pernah bekerja sebagai junior arsitek dan arsitek di perusahaan nasional.

Arsitek dan fashion kata Puteri, memiliki kesamaan. Keduanya harus memiliki tiga faktor inti, yaitu kekokohan yang diwujudkan dalam bentuk pola dan struktur, fungsional, dan keindahan/estetika.

Kesamaan itulah yang diangkat Puteri dalam brand fashion Jaleela, yang mengutamakan keindahan sebagai jawaban terhadap apa yang dibutuhkan perempuan.

“Handmade details dan feminim yang tercermin dari keindahan, itu yang selalu diutamakan Jaleela,” ujar perempuan lulusan Universitas Brawijaya tersebut.

Meski baru berumur beberapa tahun, terbukti, brand yang dimilikinya mampu menembus pasar dunia. Pembelinya tidak hanya dari Indonesia, tetapi juga dari Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Brunei, China, dan Taiwan, bahkan pasar Eropa.

Dia pun menceritakan kelebihan yang dimiliki Jaleela sehingga dapat menembus pasar Eropa tersebut. Jaleela tidak hanya mengedepankan produk yang didesain secara handmade yang memerhatikan detail dan unik, namun juga berprinsip sustainable atau berkelanjutan.

“Kemarin kita launching produk tas dan sepatu, itu dari sisa-sisa bahan kain yang tidak terpakai” ujarnya.

Keistimewaan koleksi Jaleela, katanya tak hanya memiliki desain yang elegan namun juga timeless, tak lekang oleh waktu. Karena menggunakan bahan-bahan alami. “Kami berprinsip menampikan kecantikan abadi di setiap motif,” ujarnya.

Saat ini, katanya, Jaleela memiliki 23 desain produk yang terbagi ke dalam empat kategori. Mulai dari atasan atau top wear atau kebaya yang terdiri dari Runa Top, Sierra Top, Shea Top, Kalina Top, Kamala Top, Malea, Mallory.

Kemudian, daily wear Jaleela terdiri dari inner (dalaman), serta produk skirt (rok) yang terdiri dari farah skirt dengan motif ethnic bahan katun, rumi skirt dan kiara yang berbahan satin, serta selena skirt, Jemma skirt, dan Tutu skirt yang terbuat dari perpaduan bahan katun dan satin. Sementara, untuk produk tas dan sepatu Jaleela memiliki loui shoes, jane shoes, emma bag, dan kim bag.

Produk-produk tersebut dipasarkan melalui website jaleela.id, Shoppee hingga Tokopedia. (red)